Mengatasi Ketidaksuburan dengan Hipnoterapi

doktersehat terapi kesuburan

DokterSehat.Com– Kehadiran anak di tengah keluarga tentu memberikan kebahagiaan tersendiri. Salah satu masalah yang sering dihadapi pasangan yang ingin memiliki keturunan adalah kondisi ketidaksuburan. Jika berbagai cara sudah dicoba namun belum berhasil, Anda mungkin bisa mencoba hipnoterapi untuk meningkatkan peluang memiliki anak.

Hipnoterapi untuk mengatasi masalah ketidaksuburan

Pada beberapa kasus, kondisi ketidaksuburan bisa dengan mudah diketahui dan diatasi. Namun ada juga kasus ketidaksuburan yang sulit diketahui penyebabnya atau yang dikenal dengan istilah unexplained infertility. Umumnya pasien kategori ini sudah melakukan beberapa terapi seperti terapi hormon namun belum juga berhasil.

Salah satu cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah ketidaksuburan adalah dengan menjalani hipnoterapi atau terapi hipnosis. Melalui hipnosis, tubuh Anda dilatih untuk memberi respon positif pada terapi kehamilan yang sedang dijalani oleh pasangan. Terapi dilakukan dengan membawa pasien ke alam bawah sadarnya agar sugesti lebih mudah diberikan.

Umumnya hipnoterapi untuk masalah ketidaksuburan dilakukan dalam tiga tahapan, tergantung kondisi Anda. Terapis akan membantu Anda untuk meredakan emosi negatif dan menanamkan sugesti atau afirmasi positif dalam pikiran Anda. Setelah itu pasien akan diberikan gambaran kehamilan dan kehidupan bersama anak yang membahagiakan untuk menggiring pikiran dan tubuh agar siap menghadapi kehamilan.

Bagi pasien yang memiliki masalah fisik seperti ketidakseimbangan hormon, endometriosis, kualitas sperma atau sel telur yang buruk dan sedang menjalani terapi, terapis juga membantu menyelaraskan hubungan antara tubuh dan pikiran sehingga tubuh akan lebih mudah menjalani terapi dan berbagai proses pengobatan.

Namun hipnoteapi saja tidaklah cukup. Anda perlu menjaga gaya hidup sehat sesuai dengan yang disarankan oleh ahli gizi atau dokter kandungan. Makan makanan yang sehat, berolahraga teratur dan relaksasi juga dapat membantu melancarkan program hamil yang Anda lakukan.