Hingga Usia Berapa Kita Perlu Minum Susu?

DokterSehat.Com – Entah bagaimana awalnya, namun kebanyakan orang berpikir jika susu adalah minuman yang dikonsumsi oleh anak-anak saja. Padahal, sejak kecil kita sudah berkali-kali diingatkan tentang program empat sehat lima sempurna yang menyebutkan bahwa susu sangatlah dibutuhkan sebagai asupan yang bergizi sehari-hari bagi siapapun. Sebuah pertanyaan pun muncul. Sampai usia berapa sebenarnga kita masih perlu meminum susu?

doktersehat-sehat-pria-nutrisi-tellur-susu-vitamin-kalsium-daging-telur

Pakar kesehatan dan gizi yang berasal dari Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan yang ada di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia bernama Sandra Fikawati menyebutkan bahwa dari kita kecil hingga usia kita dewasa, kita tetap membutuhkan susu sebagai asupan bergizi sehari-hari. Hal ini berarti, susu bukanlah minuman yang diperuntukkan bagi anak-anak saja, namun juga bagi orang dewasa, termasuk para lansia.

Sandar menyebutkan jika dalam rentang usia bayi hingga 35 tahun, kita sedang mengalami puncak pertumbuhan massa tulang. Untuk memastikan tulang bisa memiliki kepadatan dan kekuatan yang maksimal, maka kita tentu harus mengkonsumsi makanan yang bergizi sehari-hari demi mencegah masalah kesehatan tulang layaknya osteoporosis di kemudian hari. Salah satu dari asupan bergizi yang sebaiknya kita konsumsi tentu saja adalah susu.

Jika kita tetap mengkonsumsi susu hingga usia dewasa, maka kita bisa mendapatkan berbagai nutrisi menyehatkan layaknya kalsium yang mendukung kesehatan tulang, protein, karbohidrat, fosfor, hingga vitamin layaknya vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C yang mendukung kesehatan tubuh kita.

Sayangnya, karena anggapan bahwa susu hanya dikonsumsi oleh anak-anak saja, semenjak kita berusia remaja kita sudah meninggalkan asupan susu dan menggantinya dengan minuman lain layaknya teh atau kopi. Tak hanya itu, kini semakin banyak orang dewasa yang justru memilih konsumsi minuman tidak sehat layaknya minuman bersoda. Padahal, konsumsi minuman bersoda bisa memicu berbagai masalah kesehatan yang tidak bisa disepelekan.