Hindari Stroke dengan Sarapan

DokterSehat.Com – Sarapan setiap hari bermanfaat untuk mencegah stroke, terutama stroke perdarahan. Penelitian terbaru yang dilakukan oleh Yasuhiko Kubota, M.D. dari Universitas Osaka Jepang menunjukkan beberapa laporan dari negara-negara barat dan Asia bahwa terdapat hubungan antara tidak sarapan dengan risiko obesitas, hipertensi, dislipidemia, dan intoleransi glukosa yang berisiko untuk berlanjut menjadi penyakit kardiovaskular. Namun belum ada guideline pencegahan penyakit kardiovaskular yang menganjurkan untuk sarapan setiap hari karena belum adanya cukup bukti yang mendukung.



Penelitian yang dilakukan oleh Kubota bertujuan untuk membuktikan bahwa tidak sarapan berhubungan dengan meningkatnya risiko penyakit stroke dan jantung koroner pada populasi di Jepang.

Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 82.772 orang, terdiri dari pria dan wanita berusia 45-74 tahun tanpa riwayat penyakit kardiovaskular dan kanker diikuti selama 15 tahun, sejak 1995 hingga 2010. Partisipan diwawancarai mengenai kebiasaan sarapan dan diklasifikasikan berdasarkan jumlah sarapan perminggu: 0-2, 3-4, 5-6, dan 7 kali.

Hasilnya, 3772 partisipan mengalami stroke dan 870 mengalami penyakit jantung koroner. Analisis multivariat menunjukkan partisipan yang tidak pernah sarapan berisiko tinggi mengalami penyakit kardiovaskular dan stroke (terutama perdarahan otak), jika dibandingkan dengan yang sarapan setiap hari. Namn tidak ada hubungan yang signifikan antara frekuensi sarapan dengan risiko penyakit jantung koroner.

Seperti yang telah diketahui, faktor utama terjadinya perdarahan otak adalah hipertensi, terutama karena lonjakan tekanan darah saat pagi hari. Peneliti menduga tidak sarapan menyebabkan aktivitas aksis hipotalamus-pituitari-adrenal menjadi berat karena kurangnya asupan energi dalam waktu lama sehingga tekanan darah meningkat. Beberapa penelitian menyatakan bahwa sarapan mampu mengurangi tekanan darah pada pagi hari.

Mari kita biasakan sarapan setiap hari, tubuh jadi lebih berenergi saat memulai hari dan terhindar dari stroke. Siapa yang tak mau?