Hindari Perilaku Ini Jika Tidak Ingin Gemuk

Doktersehat.com – Idealnya setelah makan perut akan merasa kenyang. Biasanya rasa lapar akan kembali muncul setelah 3-4 jam sesudah makan. Namun, terkadang belum sampai 3 jam saja perut sudah kembali merasa lapar. Hal ini dapat memicu seseorang untuk makan terus-menerus sehingga berat badan pun akan bertambah. Berikut ini adalah penyebab perut selalu merasa lapar meski belum lama makan:



1. Minum Alkohol

Kebiasaan minum alkohol bisa menyebabkan Anda tak pernah merasa puas dengan makanan yang baru disantap. Penelitian menunjukkan alkohol akan meningkatkan level ghrelin, hormon yang membuat Anda merasa lapar.

2. Kelamaan nonton TV

Orang yang menghabiskan waktunya di depan televisi lebih dari 2 jam setiap hari cenderung lebih gemuk. Selain karena kurangnya aktivitas fisik, kebanyakan orang juga menonton tv sambil ngemil atau minum minuman manis.

3. Kurang tidur

Begadang bukan hanya membuat kita lemas keesoan harinya tapi juga menyebabkan kita mengasup kalori lebih banyak. Hal itu terjadi karena kurang tidur akan menurunkan level hormon leptin yang mengirimkan sinyal kenyang ke otak. Kurang tidur juga membuat area di otak yang mengaitkan makanan sebagai kesenangan lebih aktif sehingga mulut rasanya tak ingin berhenti mengunyah.

4. Melihat gambar makanan

Iklan atau gambar makanan yang selalu dilihat setiap harinya baik di berbagai media dapat memicu timulnya rasa lapar. Melihat gambar makanan akan mengaktifkan pusat ganjaran di otak sehingga secara mental kita lebih aktif merespon makanan. Gambar makanan akan meningkatkan rasa lapar karena hormon lapar atau ghrelin akan meningkat.

5. Jarang sarapan

Penelitian menunjukkan, orang yang jarang sarapan justru lebih gemuk. Penyebabnya adalah karena melewatkan waktu makan akan membuat metabolisme menjadi lambat akibatnya kita merasa lebih lapar dan tubuh mengganti mode menjadi menyimpan lemak.

Baca Juga:  Hindari Makanan Ini Saat Hamil!

6. Makan terburu-buru

Makan terlalu cepat akan membuat perut tidak punya kesempatan untuk melepaskan hormon yang menyampaikan pada otak kita sudah kenyang. Makan perlahan diketahui akan membuat kita merasa kenyang lebih lama.

7. Stres

Menurut penelitian, orang-orang  yang stres akibat tekanan pekerjaanya cenderung tidak bisa mengontrol nafsu makannya.

8. Meniru Perilaku Teman yang Senang Makan

Kita cenderung meniru perilaku orang di sekitar, termasuk saat makan dan mengasup camilan.

Dari berbagai sumber