Hindari Penyebab Ketiak Hitam Sebagai Berikut

DokterSehat.Com – Banyak orang yang merasa tidak percaya diri dengan ketiaknya yang berwarna kegelapan atau hitam. Bagi kaum wanita misalnya, mereka tentu akan tidak nyaman jika memakai tank top. Tahukah anda jika ketiak yang berwarna hitam ini seringkali disebabkan oleh kebiasaan kita yang kurang baik dalam merawatnya. Sebenarnya, apa sajakah penyebab dari ketiak berwarna kehitaman ini?

doktersehat-ketiak-deodoran

Pakar kecantikan menyebutkan jika penyebab paling umum dari ketiak yang hitam adalah kebiasaan mencukur yang tidak baik, apalagi jika kita mencabuti bulu ketiak. Jika kita kerap melakukannya, kulit pada ketiak pun akhirnya mengalami iritasi dan kemudian merubah warnanya menjadi lebih gelap. Selain itu, beberapa orang melakukan waxing pada ketiak dengan sangat berlebihan, apalagi jika waxing tidak dilakukan dengan aman dan teknik yang benar. Alhasil, sel-sel kulit ketiak pun akan mengalami kerusakan dan membuat warna kulit ketiak berubah menjadi lebih gelap.

Penggunaan deodoran memiliki tujuan agar kita tidak mengalami bau badan yang tidak sehat, yang memang kerap kali berasal dari area ketiak. Sayangnya, penggunaan deodoran atau bedak anti keringat dengan sangat berlebihan bisa memicu ketiak yang menghitam. Hal ini dikarenakan bahan kimia dari deodoran atau bedak anti kimia ini memicu perubahan warna pada kulit ketiak.

Kulit ketiak juga bisa berubah warna menjadi lebih gelap karena adanya kondisi kesehatan tertentu. Sebagai contoh, kita bisa saja mengalami ketidakseimbangan hormon layaknya hypothyroidiusm atau penyakit addison yang bisa memicu semakin menggelapnya ketiak. Selain itu, ada juga kondisi kesehatan yang disebut sebagai acanthosis nigricans yang merupakan sebuah kondisi kulit yang berubah menjadi lebih gelap dan tebal, khususnya pada area layaknya ketiak, leher, hingga selangkangan. Biasanya, masalah ini kerap mendatangi para penderita diabetes tipe 2.

Baca Juga:  Cara Alami Membuat Tampilan Menjadi Awet Muda

Menghitamnya warna kulit ketiak juga bisa disebabkan oleh infeksi yang disebabkan oleh bakteri corynebacterium minutissimum. Pakar kesehatan menyebutkan masalah ini sebagai eritrasma dimana infeksi bakteri akan menyerang kulit paling atas dari ketiak dan membuat warnanya berubah kegelapan.