Hindari Penggunaan Pensil Warna untuk Menghias Mata

DokterSehat.Com – Salah satu alat kecantikan yang sering digunakan wanita untuk menyempurnakan penampilannya adalah pensil warna. Pensil warna diperlukan untuk membuat penampilan alis menjadi lebih penuh dan menjadi solusi bagi orang-orang yang tidak memiliki panjang alis yang sama rata.



Terlalu banyak produk

Penggunaan pensil warna untuk riasan mata bisa disebabkan oleh banyaknya produk kecantikan. Jumlah tersebut juga dibarengi dengan maraknya kandungan berbahaya dan beracun bagi tubuh. Produk terbaik pun bahkan masih meresahkan. Produk yang cukup meyakinkan biasanya tergolong mahal.

Pensil warna dianggap sebagai bahan yang cenderung aman. Ini jika kita memilih pensil warna yang terjamin tidak mengandung racun. Dengan membeli satu kotak, seseorang bisa mendapat macam-macam rona yang bisa dimainkan pada riasan mata.

Jadi tren

Penggunaan pensil warna untuk riasan mata tampak semakin marak setelah munculnya video tutorial kecantikan DIY (Do It Yourself) dari akun Youtube Rclbeauty101 pada awal Mei lalu. Banyak akun lainnya yang kemudian membuat video serupa. Di twitter, banyak remaja yang menggunakan pensil warna untuk merias mata dan pamer hasil karyanya.

Sebelum itu, video amatir menggunakan pensil warna untuk merias mata pernah muncul pada akun Lili Streif tahun 2012 lalu namun tidak diikuti tren serupa. Tahun 2013, akun SofiaStyled mempopulerkan crayon sebagai lipstik.

Jadi eyeliner

Pensil warna kemudian digunakan sebagai alternatif eyeliner. Pensil tersebut harus direndam dalam air terlebih dulu agar lunak saat digoreskan pada kulit mata. Dengan berbagai warna, kita bisa menghasilkan pelangi di mata yang dapat terlihat jelas.

Kampanye Crayola

Pada akun Rclbeauty101 dan SofiaStyled, merk pensil warna dan crayon yang digunakan ialah Crayola. Menurut keduanya, pensil warna tersebut tidak beracun sehingga dapat dipakai untuk make up. Banyak video lainnya yang kemudian menampilkan penggunaan pensil warna Crayola.

Baca Juga:  Manfaat Gowes untuk Kesehatan

Belakangan, pihak Crayola melakukan kampanye sebaliknya. Perusahaan tersebut melarang dengan tegas penggunaan pensil warna untuk merias wajah. Kampanye ini disampaikan melalui laman resminya.

Resiko terhadap kulit

Meski tidak beracun, bukan berarti pensil warna tidak berbahaya bagi kulit. Meminjam istilah Kaitlin Cubria (blogger kecantikan), jika pensil warna tidak beracun bukan berarti kita boleh memakannya.

Pihak Crayola mengungkapkan, pensil warna tidak dirancang dan diuji sebagai alat tata rias. Pensil warna tetap beresiko untuk kulit dan tubuh. Alat gambar tersebut hanya didesain untuk kegiatan kreatif (selain di atas kulit tubuh tentunya).