Hindari Makanan Ini Saat Hamil!

DokterSehat.com – Asupan makanan berperan penting dalam tumbuh kembang janin selama masih dalam kandungan. Karena itulah ibu harus cermat dalam mengonsumsi makanan. Tidak semua makanan aman dikonsumsi saat hamil. Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari selama hamil karena bisa mengakibatkan infeksi seperti  Ecoli, salmonella, listeria, atau toksoplasmosis yang bisa membahayakan janin dalam kandungan. Berikut ini beberapa jenis makanan yang perlu dihindari selama kehamilan:



1. Daging mentah

Daging mentah atau daging setengah matang mengandung toksoplasmosis, yaitu parasit yang bisa mengakibatkan infeksi serius pada janin. Selain itu, daging mentah juga mengandung Ecoli yang berbahaya bagi ibu hamil.

2. Sayur mentah

Lalapan atau salad merupakan salah satu makanan sehat karena berbahan sayuran yang kaya serat. Namun, sayuran mentah yang biasa digunakan untuk lalapan atau salad terkadang masih membawa toksoplasmosis akibat proses pencucian sayur yang kurang bersih. Parasit toksoplasmosis ini juga terdapat pada kotoran kucing.

3. Daging dan telur ayam mentah

Daging dan telur ayam yang masih mentah atau setengah matang serta hati ayam berisiko menjadi sumber salmonella yang bisa mengakibatkan diare pada ibu hamil. Selain itu, ibu juga harus mencuci bersih peralatan masak yang sudah terkena daging ayam mentah supaya tidak mengontaminasi makanan lainnya.

4. Ikan bermecuri

Ikan-ikan yang berukuran besar seperti tuna, shark, dan sea bass diketahui mengandung kadar mercuri yang tinggi dan dapat mengakibatkan kerusakan saraf bila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.

5. Keju lunak

Keju import seperti cemembert, brie, dan blueveined diduga mengandung bakteri yang disebut listeria. Selain itu, susu kambing, domba, serta susu yang tidak dipasteurisasi juga berisko membawa bakteri listeria. Bakteri ini dapat menembus plasenta dan menginfeksi janin. Bakteri listeria mampu menyebabkan bayi lahir prematur, keracunan dalam darah, behkan keguguran.

Baca Juga:  Sayur dan Buah kaya Antioksidan Picu Kanker?

6. Minuman beralkohol

Minuman yang mengandung alkohol dapat menyebabkan kelainan perkembangan pada janin dan masalah emosional pada bayi.

7. Minuman berkafein

Kopi, teh, dan minuman lain yang mengandung kafein sebaiknya dibatasi atau dihindari selama masih hamil karena minuman tersebut bisa menyebabkan berat badan rendah pada bayi, mengurangi penyerapan zat besi, dan keguguran.

8. Saus dari terlur mentah

Telur mentah maupun setengah matang tidak baik untuk ibu hamil, sehingga ibu sebaiknya juga menghindari says yang berbahan dasar telur mentah seperti mayonaise, salad dressing, cream kue, custard, dan ice cream home made.