Hindari Makanan Ini Jika Anda Terkena Diare

DokterSehat.Com – Diare adalah salah satu penyakit yang membuat tubuh merasa sangat tidak nyaman. Bagaimana tidak, saat kita terkena diare, kita akan memiliki keinginan berlebihan untuk melakukan buang air besar. Penderita diare kerap kali merasakan rasa lemas karena seringnya frekuensi buang air besar ini. Selain itu, penderita diare juga beresiko mengalami kehilangan cairan tubuh dengan sangat drastis. Selain dengan obat-obatan dari dokter, kita juga bisa mengurangi gejala penyakit diare dengan cara menghindari beberapa makanan seperti sebagai berikut:



Makanan berlemak adalah jenis makanan pertama yang harus kita hindari. Kandungan lemak tinggi ternyata bisa membuat kontraksi pada usus berlangsung dengan lebih cepat. Pada saat diare sendiri, usus sedang dalam kondisi yang jauh lebih sensitif sehingga jika terkena kadnungan lemak maka diare pun bisa menjadi lebih parah. Makanan berlemak yang berasal dari daging-dagingan, apalagi dari makanan cepat saji sangatlah tidak direkomendasikan saat diare.

Selain makanan berlemak, penderita diare juga sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan yang bisa membuat tubuh memproduksi gas layaknya bawang bombay, kubis, buncis, brokoli, atau bahkan kembang kol. Beberapa buah-buahan yang manis layaknnya pir atau persik juga sebaiknya dihindari terlebih dahulu saat diare. Selain membuat diare menjadi lebih parah, produksi gas yang berlebihan juga akan membuat tubuh menjadi sangat tidak nyaman.

Produk makanan atau minuman yang berlabel bebas gula ternyata juga sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita diare mengingat makanan dan minuman ini justru mengandung banyak bahan pemanis buatan. Bahan pemanis buatan ternyata termasuk sebagai bahan pencahar yang tentu akan membuat diare menjadi jauh lebih parah. Selain itu, minuman berkafein juga sebaiknya dihindari terlebih dahulu karena ditakutkan saluran pencernaan akan mengalami iritasi mengingat saat kondisi diare ini saluran pencernaan cenderung sangat sensitif. Cobalah untuk memperbanyak asupan air putih saja untuk mencegah dehidrasi menjadi semakin parah.