Hindari Makanan Berikut Sebelum Anda Tidur

DokterSehat.Com – Jika kita mengalami kesulitan untuk mendapatkan tidur yang nyenyak, maka kita tentu harus sebisa mungkin membuat tubuh kita nyaman sehingga bisa istirahat dengan maksimal. Salah satu yang bisa kita perhatikan adalah dengan menjaga perut dalam kondisi yang kenyang dan nyaman sehingga kita pun akan mudah untuk tertidur. Sayangnya, meskipun bisa membuat kenyang, ada beberapa makanan yang ternyata akan kurang cocok dikonsumsi menjelang waktu tidur. Apa sajakah makanan-makanan tersebut?

doktersehat-gula-manis-cokelat-food-craving

Cokelat yang panas tentu akan sangat enak untuk diminum, apalagi di malam hari dimana suhu cukup dingin. Dengan mengkonsumsi cokelat panas, kita bisa mendapatkan kehangatan sekaligus kenikmatan. Sayangnya, hampir semua jenis cokelat ternyata memiliki kandungan kafein dan theobromine, semacam stimulan yang bisa membuat jantung berdetak dengan lebih cepat. Jantung yang berdebar-debar tentu bisa memicu masalah tidur, bukan? Selain minuman cokelat, minuman beralkohol juga sangat tidak baik dikonsumsi sebelum kita tidur. Memang, kandungan alkohol yang berlebihan akan membuat kita mudah tidak sadarkan diri. Namun, tertidur karena pengaruh alkohol justru akan membuat kita merasa frustasi dan pusing saat kita bangun. Banyak orang yang bahkan mengalami kecanduan alkohol dan akan kesulitan untuk tidur jika tidak menenggaknya.

Beberapa jenis makanan memang tidak baik dikonsumsi sebelum tidur karena bisa menambah kandungan lemak dalam tubuh. Makanan layaknya daging merah yang kaya protein dan lemak cukup sulit dicerna oleh tubuh dan jika kita masih memaksa saluran pencernaan kita bekerja di waktu tidur karena memakan daging merah, kita tentu akan beresiko menambah lemak dalam tubuh karena pencernaan yang kurang maksimal. Selain itu, makanan layaknya sereal, roti-rotian, hingga pizza dan pasta yang kaya dengan kandungan karbohidrat tentu akan membuat perut bekerja keras dan pada akhirnya justru membuat kandungan gula yang terlalu tinggi di dalam tubuh sehingga beresiko membuat kita mengalami obesitas.

Baca Juga:  Flek hitam, Jenis Komedo dan Beberapa Cara Menanganinya

Permen seringkali dianggap sebagai makanan kecil yang tidak akan berpengaruh besar bagi tubuh. Sayangnya, jika kita memakan permen sebelum tidur, maka kita akan cenderung lebih mudah mengalami mimpi buruk. Kandungan gula yang tinggi pada permen ternyata bisa memicu munculnya mimpi buruk yang bisa membuat istirahat kita tidak maksimal. Selain itu, makanan yang mengandung seledri juga tidak baik untuk dimakan sebelum tidur karena bisa memicu tubuh untuk sering-sering buang air kecil sehingga waktu tidur pun menjadi tidak maksimal.