Hindari Kulit dari Selulit

DokterSehat.Com– Tampil cantik dengan kulit sehat merupakan idaman tiap wanita. Akan tetapi, timbulnya gangguan pada kulit kerap kali merusak penampilan para wanita yang ingin tampil cantik. Salah satunya adalah timbulnya selulit. Selulit merupakan penyempitan akibat tersumbatnya lemak yang mengalir dalam darah. Timbunan lemak di bawah kulit ini biasanya tampak tidak rata dan bergumpal-gumpal. Pada wanita yang sudah tua selulit keluar seperti urat halus berwarna kehijauan atau kemerahan.

doktersehat-selulit-gendut-gemuk-perut

Selulit biasanya terdapat pada paha, pinggir paha, sekitar selangkangan paha, bokong, perut dan pada orang gemuk biasanya terdapat di sekitar lipatan kulit belakang lutut dan juga terkadang terdapat pada ibu hamil. Menurut data statistik diperkirakan sekitar 90% wanita dengan masalah selulit ditemukan pada wanita dewasa dan jarang sekali ditemui pada pria dewasa. Pada dasarnya selulit dapat terbentuk pada gadis usia 14 tahun atau pada gadis yang sedang mengalami masa pubertas dan selulit akan lebih sering muncul pada wanita berusia 30-an tahun.

Selulit pada wanita akan semakin besar apabila semakin banyak lemak yang tertimbun akibat pertambahan massa lemak sekitar 4-8 kg per dekade selama hidupnya. Selain itu, pertambahan usia juga dapat memicu penipisan lapisan kulit di atas jaringan lemak yang dapat menyebabkan gumpalan lemak lebih mudah terlihat di permukaan sehingga memudahkan terbentuknya selulit. Gaya hidup yang kurang baik, regangan otot, kelelahan, genetik, dan struktur lemak yang berbeda pada tiap wanita diketahui sangat berperan dalam merusak jaringan ikat kulit, sehingga kulit tampak bergelombang.

Timbunan lemak di bawah kulit ini biasanya susah dihilangkan, bahkan selulit yang parah dapat menyebabkan gatal. Karena itu, kulit merupakan bagian tubuh yang sangat penting, yang melindungi kita. Perawatan kulit menjadi salah satu hal penting demi memperoleh kulit yang sehat dan cantik. Berikut ini adalah cara mengatasi selulit:

Baca Juga:  Suara Berisik Berbahaya Bagi Kesehatan

Pemijatan
Pemijatan seluruh tubuh dapat membantu memperbaiki sirkulasi darah dan memperlancar pembuangan racun dari tubuh. Anda pun mendapat manfaat lainnya yaitu dapat membantu untuk relaksasi.

Krim anti selulit
Krim anti selulit banyak dipasarkan saat ini. Krim anti selulit ini tidak menghilangkan timbunan lemak yang ada, fungsinya terbatas untuk membuat kulit menjadi lebih lembab dan merangsang peningkatan jaringan ikat di atas lemak sehingga gumpalan lemak akan tersamar. Agar efektif, lakukan pemijatan.

Mesoterapi
Merupakan upaya memasukkan zat/ obat ke dalam jaringan bawah kulit. Teknik ini banyak digunakan di klinik kecantikan dan cukup efektif bila selulit tidak terlalu banyak. Jika ingin menggunakan cara ini, sebaiknya minta masukan dari dokter yang berkompeten agar hasilnya maksimal dan segala tindakannya dapat dipertanggungjawabkan.

Liposuction dan body lifting/ contouring
Liposuction atau juga dikenal dengan sedot lemak dilakukan dengan cara memasukkan kanul dalam lapisan lemak, kemudian lemak hancur dan disedot keluar. Metode ini efektif bila lemak yang tertimbun tidak terlalu banyak. Sedangkan body lifting/ contouring biasanya dilakukan pada orang-orang obesitas atau orang dengan selulit yang berlebihan. Tindakan ini dilakukan dengan membuang kelebihan lemak disertai pengencangan jaringan otot dan kulit. Jika ingin menggunakan metode ini, konsultasikan pada dokter bedah plastik untuk tindakan yang paling tepat.