Hindari Influenza di Musim Pancaroba

DokterSehat.Com – Di Indonesia, baru saja memulai kedatangan musim penghujan, menggantikan musim kemarau yang cukup panjang. Dibeberapa daerah bahkan diwarnai dengan musibah banjir dan tanah longsor. Musim pancaroba, demikian orang sering menyebut masa peralihan ini biasanya ditandai denga timbulnya berbagai jenis penyakit, baik orang tua dan terutama pada anak-anak yang daya tahan tubunya kurang. Hal ini dikarenakan perubahan suhu udara yang sebelumnya panas tiba-tiba menjadi dingin dan lembap.

7

Sebagai mahasiswa, kita seringkali disibukan dengan padatnya jadwal kuliah dan berbagai kegiatan lain di luar kelas. Apalagi mendapat banyak tugas lapangan dari dosen, dan pengerjaan laporannya membuat kita harus bergadang. Keadaan seperti ini akan membuat daya tahan tubuh berkurang, dan kamu mudah terserang flu.

Jangan sepelekan. Influenza akan membuat tubuh kamu menjadi meriang dan demam. Apabila semakin parah, tubuh kamu akan drop dan harus dirawat di rumah sakit.

Untuk itu, tips berikut dapat membantu agar terhindar dari influenza :

  • Berhati-hatilah dengan teman yang terlihat terkena gejala flu. Untuk sementara kamu harus menjaga jarak sekitar 1 m, agar tidak tertular.
  • Ketika beraktivitas, secara tidak langsung tangan kamu akan memegang banyak barang yang mengandung banyak kuman. Jaga kebersihan dengan selalu mencuci kedua tanganmu dengan menggunakan sabun. Jangan pula makan dan menyentuh bagian wajah dengan tangan kotormu.
  • Untuk musim pancaroba seperti saat ini, lebih baik kamu jangan terlalu sering berada di tengah keramaian, karena kemungkinan beberapa diantara mereka sedang terkena flu.
  • Jaga kebersihan kamar, serta sirkulasi udaranya. Biasakan di pagi hari, kamu membuka jendela lebar-lebar untuk membiarkan masuknya udara bersih dan segar.
  • Jaga pola makan, dan ubah gaya hidupmu yang tidak sehat. Jangan sok diet dan mengurangi makan untuk saat ini, karena bisa membuat daya tahan tubuhmu menjadi berkurang.
Baca Juga:  Kaum Gay dan Transgender, Mereka Yang Paling Beresiko Terkena HIV/AIDS

Kalau kamu sudah terjangkit penyakit influenza? Jangan menulari orang lain. Lakukan hal berikut :

  • Beristirahat di rumah, dan jauhkan diri dari keramaian. Apabila kamu harus bertemu dengan orang lain, maka jaga jarak minimal 1 m.
  • Gunakan masker ketika bepergian. Tapi, yang harus kamu perhatikan adalah hindari menyentuh masker. Selain itu, jangan menggunakan masker yang sama sesering mungkin. Gantilah minimal 1 hari sekali.
  • Ketika batuk atau bersin, tutup hidung dan mulut menggunakan tisu. Segera buang tisu tersebut dan cuci tanganmu segera!
  • Perhatikan kebersihan tempat tinggal, dan sirkulasi udaranya. Tempat tinggal yang bersih dengan sirkulasi udara yang nyaman akan membuat tempat tinggal kamu menjadi lebih sehat.
  • Makan makanan yang sehat dan hangat. Semangkuk sup hangat yang lezat tentu akan mampu membuat tubuhmu menjadi lebih kuat.