Hindari Hal-Hal Berikut Agar Kadar Kolesterol Tubuh Tidak Naik

DokterSehat.Com – Tanpa kita sadari, gaya hidup masyarakat modern kini menjadi jauh lebih buruk daripada jaman dahulu dimana kini kita lebih sering mengkonsumsi makanan yang kurang sehat dan banyak mengandung kolesterol. Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika kolesterol bisa mengundang berbagai penyakit berbahaya layaknya penyakit jantung atau bahkan stroke. Kolesterol tinggi di dalam darah sendiri termasuk dalam penyebab kematian yang cukup tinggi di dunia sehingga kita harus mewaspadainya. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan agar tidak mudah mendapatkan masalah kolesterol tinggi.

shutterstock_258602474 copy

Hal pertama yang harus kita perhatikan tentu saja adalah konsumsi makanan kita sehari-hari. Cermati makanan-makanan yang banyak mengandung lemak, khususnya yang menggunakan mentega, minyak kelapa, makanan kemasan, atau bahkan makanan yang terbuat dari daging. Makanan-makanan ini cenderung memiliki kemampuan meningkatkan kadar kolesterol di dalam darah. Sebagai contoh, daging adalah makanan yang cukup banyak disukai oleh siapapun. Sayangnya, dibalik kelezatan daging, tersimpan banyak lemak jenuh atau kolesterol yang tidak baik bagi kesehatan tubuh. Cobalah untuk mengurangi frekuensi mengkonsumsi daging dan pilihlah daging yang tidak banyak mengandung lemak layaknya dengan tidak mengkonsumsi kulit ayam atau jeroan.

Kita juga harus lebih baik dalam memperhatikan camilan yang kita konsumsi sehari-hari. Sebagai contoh, gorengan yang banyak dijual di pinggir jalan memang terasa renyah dan sangat nikmat. Sayangnya, gorengan ini memiliki potensi besar dalam meningkatkan kadar kolesterol dalam darah mengingat cara pengolahannya yang melibatkan kandungan lemak jenuh yang cukup besar. Memang, akan cukup sulit menghindari camilan nikmat ini. Namun, setidaknya kita juga bisa mengurangi frekuensi konsumsinya, bukan?

Hal berikutnya yang harus kita hindari adalah merokok. Ya! Selain memberikan dampak buruk bagi organ pernafasan, racun yang ada di dalam rokok ternyata bisa membuat HDL atau kolesterol baik justru menurun, resiko pembekuan darah meningkat, hingga pengerasan dinding pada pembuluh darah. Kandungan rokok akan membuat dinding pembuluh darah teriritasi sehingga kolesterol pun menumpuk pada pembuluh darah dan membuat plak. Hal ini bisa memicu munculnya serangan jantung maupun stroke. Melihat adanya fakta ini, anda yakin masih mau merokok?