Hindari Cara Mandi Yang Tidak Menyehatkan Ini

DokterSehat.Com – Mandi adalah salah satu cara yang dilakukan oleh manusia untuk membersihkan permukaan badannya. Dengan melakukan mandi, kita bisa menghilangkan berbagai macam kotoran, daki, hingga polusi yang menempel pada permukaan kulit selama kita melakukan banyak kegiatan seharian. Badan yang bersih setelah mandi juga akan memberikan efek yang segar sehingga kita pun akan siap melakukan banyak kegiatan di pagi hari atau nyaman untuk beristirahat dai malam hari. Sayangnya, banyak orang yang mandi masih dengan cara yang kurang baik sehingga alih-alih bisa membuat badan menjadi bersih dan nyaman, badan justru menjadi kurang bersih. Berikut adalah beberapa cara mandi yang kurang tepat bagi tubuh kita.

doktersehat-mandi-dingin

Beberapa orang merasa mandi akan terasa kurang bersih jika tubuh belum digosok-gosok dengan keras. Padahal, cara ini justru akan kurang baik bagi permukaan kulit karena bisa menyebabkan iritasi. Seberat apapun aktifitas harian kita, jika kita membersihkan permukaan kulit layaknya area ketiak atau tangan, yang terjadi justru kulit akan teriritasi dan akan terasa sakit. Kita juga harus berhati-hati dalam membersihkan area selangkangan kita, khususnya bagi kaum wanita. Sabun mandi biasa ternyata akan kurang cocok dipakai pada area organ vital wanita sehingga wanita harus memakai sabun pembersih alami khusus bagi organ vital. Dengan sabun khusus organ vital ini, maka pH organ vital akan terjaga dan banyak bakteri atau mikroba menjadi seimbang dan membuatnya bersih dan nyaman.

Pagi yang dingin tentu akan membuat kita enggan mandi dengan air dingin. Untuk mengatasinya, banyak orang yang memilih untuk terus mandi dengan air hangat di pagi hari. Kebiasaan ini ternyata bisa mengundang rasa gatal-gatal dan kulit kering. Air hangat bisa memicu adanya eksim, gangguan kulit yang membuat gatal dan ruam-ruam. Jika suhu udara tidak terlalu dingin, tidak akan ada salahnya bukan jika kita memakai air dingin yang membuat badan segar di pagi hari?

Baca Juga:  Beberapa Fakta Unik Tentang Sperma

Banyak orang yang memilih untuk melepas alas kaki saat memasuki kamar mandi. Hal ini ternyata bisa membuat kaki kita bisa terkena jamur, kutu air, hingga penyakit kutil. Sandal memang bisa membuat kamar mandi menjadi lebih kotor. Namun, kita juga bisa menyiasati hal ini dengan memakai sandal jepit yang khusus ditempatkan di kamar mandi saja.