Tips Jitu Hindari Bumil Mual Setelah Minum Tablet Tambah Darah

doktersehat-mual-tablet-besi
Photo Credit: Flickr.com/Ernest Duffo

DokterSehat.Com– Sudah menjadi suatu hal yang lumrah jika bumil mengalami mual dan muntah ya. Namun tahukah Anda jika kebanyakan bumil mengalami mual, justru karena mengonsumsi tablet tambah darah dengan cara yang tidak tepat lho.

Ya, ternyata tablet besi bisa menyebabkan bumil merasa mual disertai pusing.

Risiko mual akibat konsumsi tablet tambah darah

Meskipun tidak terjadi pada semua ibu hamil, namun hal ini akan sangat mengganggu karena bumil menjadi lemas dan tidak nafsu makan.

Padahal konsumsi tablet tambah darah merupakan suatu hal yang dianjurkan oleh tenaga kesehatan karena sangat penting untuk memenuhi kebutuhan gizi bumil, yaitu zat besi, utamanya pada masa awal kehamilan.

Mengonsumsi tablet tambah darah dengan cara yang tidak tepat secara terus menerus akan menyebabkan rasa mual berkepanjangan dan dapat membuat bumil kekurangan asupan gizi. Hal ini tentu tidak diinginkan untuk terjadi, ‘kan? Lalu, harus bagaimana?

Cara konsumsi tablet tambah darah yang tepat

Salah satu cara yang dianggap ampuh mengurangi rasa mual akibat konsumsi tablet tambah darah adalah dengan mengonsumsinya pada waktu yang tepat.

Hal ini dilakukan dengan mengonsumsi tablet tambah darah saat malam hari sebelum tidur. Waktu yang tepat adalah diantara waktu setelah bumil makan malam terakhir, baik makan utama ataupun camilan malam, dengan waktu menjelang tidur.

Hal ini akan efektif untuk mencegah terjadinya mual maupun pusing pada bumil, karena zat besi akan dicerna dan diserap dalam tubuh saat bumil tidur.

Namun, pada beberapa kondisi yang cukup jarang, hal ini bisa jadi tetap mengganggu atau menyebabkan rasa mual pada pagi harinya.

Maka dari itu jika konsumsi tablet tambah darah benar-benar mengganggu kondisi kesehatan kehamilan bumil, maka berkonsultasilah dengan tenaga kesehatan terkait ya. Bidan ataupun dokter akan memberikan penanganan yang tepat sehingga kebutuhan zat besi selama kehamilan akan tetap tercukupi.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik