Hindari Anak Dari Bahaya Mie Instan

DokterSehat.Com – Mie adalah Makanan cepat saji atau fast food yang bisa kita makan kapanpun karena sudah dimasak terlebih dahulu dan sudah ada bumbu serta minyaknya, Kita hanya perlu menambahkan air panas dan selesai tinggal makan. Sebenarnya mie pertama kali dikenal di jepang yang biasa disebut ramen. Mie datang ke indonesia sekitar tahun 1968.

14

Dulunya produk mie ini tidak seterkenal sekarang namun karena banyaknya inovasi sehingga mie menjadi sangat diminati diindonesia. Apalagi saat ini, anak – anak zaman bahkan lebih suka makan mie dibanding dengan makan nasi, jagung, dan lain-lain.

Berikut cara hindari anak dari bahaya mie instan :

  • Beri penjelasan pada anak
    Sering-seringlah memberi penjelasan kepada mereka tentang bahaya mie instan bagi tubuh. Anda bisa juga mengkaitkan keluhan si kecil dengan bahaya mie instan tersebut. Misalnya, bila ia merasa mulutnya kering, anda bisa katakan penyebabnya adalah bumbu mie instan.
  • Cara memasak yang benar
    Rebus mie instan dan buang airnya setelah mie hampir matang. Lalu gantikan dengan air yang baru.
  • Mengolah sendiri
    Anda mungkin bisa membuat mie sendiri dengan bahan tepung yang berkualitas kemudian mengolahnya dengan bumbu rumahan. Bagi yang tidak bisa membuat mie sendiri, anda bisa menggunakan mie yang ada di pasaran namun diolah dengan bumbu racikan sendiri.
  • Penyajian mie buatan sendiri
    Agar mie buatan anda bisa lebih memikat hati si kecil, tambahkan berbagai bahan makanan lain. Selain isi mangkok jadi lebih berwarna-warni, makananpun jadi lebih sehat. Misalnya, tambahkan sayur-sayuran, baso buatan sendiri, dan telur.
  • Membuat peraturan
    Jika anak-anak rewel karena merasa bumbu olahan sendiri terasa kurang enak, butuh ketegasan anda untuk tidak selalu menuruti keinginan mereka. Buat peraturan bahwa mie instan hanya boleh dimakan seminggu atau dua minggu sekali, dan sebagai snack, bukan pengganti makanan utama.
  • Jadi teladan bagi anak
    Anda tidak dapat memberlakukan aturan makan mie instan bila anda sendiri tidak mematuhinya. Jadilah teladan bagi anak-anak anda tentang makanan sehat yang anda makan sehari-hari.
  • Bahaya mie instan di media sosial
    Akhir-akhir ini seringkali beredar video bahaya mie instan di dalam perut beberapa saat setelah dimakan. Ajaklah anak menontonnya.