hilangkan stres dengan 5 jenis minyak aromaterapi ini

DokterSehat.Com – Dari kelima panca indera Anda, indera penciuman adalah satu-satunya indera yang langsung terhubung dengan sistem limbik atau pusat pengendali emosional dalam otak Anda. Itulah sebabnya ketika Anda merasa stres, mencium aromaterapi bisa bermanfaat untuk redakan stres.



Berikut adalah beberapa jenis minyak aromaterapi yang bisa Anda coba untuk menghilangkan stres :

  1. Lavender
    Saat Anda stres dan cemas gelombang otak Anda akan bergerak dengan benar-benar cepat. Menghirup aroma lavender membantu memperlambat aktivitas otak gelombang cepat ini dan menggantikannya dengan aktivitas otak gelombang alpha lebih lambat. Ini akan membantu Anda merasa santai dan tenang.
  1. Melati
    Melati sangat efektif untuk menenangkan saraf. Minyak melati dapat membantu mengatur stres, kecemasan dan rasa gembira yang berlebihan. Melati adalah salah satu minyak esensial terbaik untuk menenangkan saraf yang tegang.
  1. Mawar dan germanium
    Minyak mawar germanium memiliki aroma bunga yang dapat membantu menghidupkan kembali suasana hati Anda dan menghilangkan kecemasan. Minyak ini dikenal untuk menyeimbangkan kadar hormon dan menyebabkan tubuh rileks. Minyak mawar germanium akan memberikan sensasi menenangkan seluruh tubuh Anda.
  1. Minyak bergamot
    Minyak Bergamot diperoleh dari kulit dari buah jeruk mentah dari pohon jeruk pahit. Minyak ini memiliki aroma menyegarkan yang khas dari buah jeruk. Aroma ini membantu hipotalamus bagian dari otak mencapai keadaan tenang dan homeostasis. Aroma ini sangat dianjurkan untuk membantu meredakan stres dan kecemasan.
  1. Ylang-ylang
    Meskipun tidak seefektif minyak melati, ylang ylang juga memiliki sifat menghilangkan stres. Campurkan minyak ini dengan minyak bergamot atau yang lain untuk mendapatkan aroma yang menyenangkan.