Hilangkan Bau Badan Dengan Berbagai Trik Ini

DokterSehat.Com– Setiap orang tentu tidak ingin terkena masalah bau badan. Bagaimana tidak, bau badan bisa menurunkan rasa percaya diri seseorang. Memang, kita bisa menggunakan parfum atau deodoran untuk menutupinya. Sayangnya, penggunaan kedua benda ini sebenarnya tidak benar-benar mengatasi masalah bau badan.

doktersehat-bau-badan-keringat-ketiak

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah bau badan dengan mudah. Berikut adalah diantaranya.

Mencukur bulu ketiak
Tahukah anda jika bulu ketiak bisa membuat area ketiak menjadi lebih lembab? Padahal, kondisi ketiak lembab ini akan sangat ideal bagi bakteri untuk berkembang biak. Reaksi bakteri dengan keringatlah yang memicu masalah bau badan. Yang menjadi masalah adalah, bulu ketiak juga menyerap bau badan ini dan membuat penguapan keringat menjadi lebih lambat.

Pakar kesehatan dr. Jennifer Burns yang berasal dari The Beinetre Center yang ada di Phoenix, Amerika Serikat, sangat menyarankan kita untuk rutin mencukur bulu ketiak jika tidak ingin terkena masalah bau badan.

Rajin mengganti sepatu
Selain ketiak, bau badan juga bisa muncul dari kaki kita. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk rajin-rajin mencuci dan menjemur sepatu demi menghilangkan bakteri yang berkumpul di dalamnya. Selain itu, gantilah sepatu saat sudah mulai rusak dan tidak nyaman dipakai atau sudah digunakan sejauh 800 km.

Tak hanya mengganti sepatu, kaus kaki juga sebaiknya kerap kita ganti demi mencegah masalah bau badan.

Memakai cuka
Gunakan cuka apel atau cuka putih untuk menurunkan kadar keasaman pada kulit ketiak. Kita bisa mengoleskan cuka ini pada ketiak setelah mandi, namun, ada baiknya kita tidak melakukannya sat baru saja mencukur bulu ketiak.

Menggunakan tea tree oil
Tea tree oil atau Witch Hazel bisa dioleskan pada ketiak dengan tujuan menurunkan kadar pH pada kulit. Hal ini bisa menurunkan jumlah bakteri yang tentu akan mengatasi masalah bau badan. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengoleskan Witch Hazel ini 4 kali dalam sehari.