Hiking, Olahraga Terbaik Untuk Kesehatan Mental

DokterSehat.Com – Hiking termasuk dalam olahraga yang cukup berat untuk dilakukan. Bagaimana tidak, saat melakukan hiking, kita akan melakukan berbagai macam olahraga sekaligus, yakni berjalan kaki, mendaki bukit, hingga menuruni daratan yang bisa diiringi dengan berlari. Banyak orang yang berkata jika hiking adalah salah satu olahraga yang menguji kekuatan fisik kita. Sebuak penelitian kesehatan terbaru menunjukkan fakta dimana hiking ternyata tidak hanya baik bagi kesehatan fisik, namun juga untuk kesehatan mental kita. Bagaimana hal ini bisa terjadi.

doktersehat-lari-hilangkan-stres

Hiking kerap kali dilakukan di alam terbuka, khususnya di area perbukitan atau pegunungan hijau. Menurut penelitian, jika kita melakukan hiking, tanpa disadarai kita juga bisa menikmati pemandangan alam yang menenangkan dan segar. Dengan melakukan hiking, kita pun akan menghirup udara yang segar dan masih alami. Hal ini ternyata bisa membantu kita untuk membuang berbagai pikiran negatif, kecemasan, stress, depresi, dan berbagai macam suasana hati yang buruk.

Pakar kesehatan Ruth Ann Atchley dan juga David Strayer menyebutkan jika kita melakukan hiking sambil tidak memakai gadget sama sekali, maka kita pun akan membantu otak kita bekerja dengan lebih optimal. Hiking tanpa gadget ternyata mampu membuat otak kita melatih kreativitasnya dan membuatnya lebih tangka dalam memecahkan masalah.

Tentu saja, hiking akan berimbas positif bagi kesehatan fisik kita. Pakar kesehatan menyebutkan jika hiking akan sangat baik bagi kesehatan jantung. Bahkan, jika kita rutin melakukan hiking, kita juga akan secara efektif membakar kalori dengan jumlah yang cukup banyak. Selain itu, hiking telah terbukti akan mampu membuat otak kita meningkatkan daya memorinya.

Hiking sendiri termasuk olahraga yang cukup murah dan mudah untuk dilakukan mengingat olahraga ini bisa dilakukan di alam terbuka yang cukup mudah dicapai. Dengan adanya berbagai kebaikan yang ditawarkan olahraga ini, kita bisa mencoba untuk melakukan olahraga ini meskipun cukup melelahkan.