Hijaber Sebaiknya Jangan Terlalu Sering Mengikat Rambutnya

DokterSehat.Com – Dalam beberapa tahun belakangan, semakin mudah menemui kaum wanita yang memilih untuk menggunakan hijab. Selain karena ingin menerapkan perintah agama, banyak kaum wanita yang merasa nyaman dan lebih anggun saat memakai hijab. Memakai hijab akan memberikan konsekuensi besar bagi kaum wanita karena mereka harus lebih baik dalam merawat kesehatan rambut yang akan kerap tertutup oleh jilbab. Salah satu hal yang harus diperhatikan oleh para hijaber adalah agar mereka tidak terlalu sering mengikat rambut karena kurang baik bagi kesehatan rambutnya.

doktersehat-jilbab-hijab-muslim

Banyak hijaber yang mengikat rambut saat memakai jilbab karena bisa membuat penampilannya lebih rapi. Selain itu, dengan mengikat rambut, maka rambut pun akan tidak mudah menjulur keluar dan terlihat. Sayangnya, andai hijaber terlalu sering mengikat rambutnya dalam waktu yang lama, apalagi jika ikatan pada rambut ini terlalu kencang, maka ada resiko rambut dan kulit kepala mengalami kerusakan karena ikatan yang terlalu kencang ini. Selain itu, ikatan yang terlalu kencang ini juga beresiko menyebabkan masalah kepala pusing.

Pakar kesehatan dan kecantikan dr. Amit Gupta yang berasal dari Norton Healthcare, berkata jika apa yang dialami oleh hijaber yang mengikat rambutnya terlalu lama mirip dengan apa yang terjadi pada banyak ballerina yang memang cenderung mengikat rambutnya dengan cukup kencang agar penampilannya terlihat rapi. Banyak ballerina yang mengaku mengalami rambut rontok dan kebotakan pada beberapa area di kepala karena kebiasaan ini. Selain adanya resiko terkena kebotakan dan rambut rontok, dr. Gupta juga mengingatkan adanya bakteri pada ikatan rambut yang bisa memicu masalah kerusakan rambut dan kulit kepala layaknya ruam-ruam kemerahan dan juga munculnya luka.

Baca Juga:  Gadget Bisa Meningkatkan Resiko Kanker Kulit

Lantas, apa yang bisa dilakukan para hijaber untuk memastikan rambutnya tetap rapi? Dr. Gupta menyarankan hijaber untuk mulai melonggarkan ikatan rambutnya sehingga tidak terlalu kencang. Selain itu, para hijaber juga bisa memakai jilbab dengan ukuran yang lebih besar sehingga mereka bisa menggerai rambutnya tanpa perlu khawatir rambutnya akan terlihat oleh orang lain.