Hiiii, Bocah Ini Sakit Akibat di Perutnya Banyak Ditemui Gumpalan Rambut

DokterSehat.Com – Seorang bocah cilik bernama Miao Miao yang berasal dari Qindao, Provinsi Shandong, sebelah timur dari Republik Rakyat Tiongkok ini mengeluhkan rasa sakit luar biasa pada perutnya. Pada awalnya, orang tuanya menganggap sakit perut yang diderita oleh Miao sebagai sakit perut biasa. Namun, tatkala diperiksakan ke dokter, betapa terkejutnya mereka saat mengetahui bahwa di dalam perut sang anak perempuan ini ternyata ditemukan gumpalan rambut yang telah mengeras. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-makan-rambut-allotriophagy

Dokter yang memeriksa kondisi sang anak juga terkejut dengan adanya fakta ini, namun, setelah melakukan pemeriksaan lebih lanjut, sang dokter meyakini jika Miao Miao mengalami kondisi medis yang disebut sebagai allotriophagy, dimana sang bocah cenderung memiliki kebiasaan ingin mengkonsumsi camilan yang tidak biasa. Kadangkala, kita mendengar berita tentang anak yang memakan kapur tulis, obat nyamuk, hingga kaca sebagai camilannya. Namun, untuk kasus Miao Miao, Ia memiliki kebiasaan memakan sendiri rambutnya dan hal ini diyakini telah berlangsung sekitar setengah tahun hingga setahun lamanya.

Sang dokter melanjutkan bahwa gumpalan rambut ini tidak bisa dicerna oleh saluran pencernaan namun juga sulit untuk ikut keluar bersama dengan kotoran. Alhasil, gumpalan yang sudah memenuhi dua per tiga perut Miao Miao ini mengeras dan menyebabkan sumbatan di dalam perut sehingga terasa sakit. Miao Miao sendiri menyebutkan jika Ia kerap memakan rambutnya sendiri saat kesulitan untuk tidur siang di sekolahnya. Anak yang pemalu ini pun mengaku jika karena rasa sakit ini, Ia tidak ingin memakan rambutnya sendiri lagi dan orang tua sang anak pun diminta untuk lebih memperhatikan kebiasaan buruk sang buah hati.

Baca Juga:  Mengenal Istilah Detosifikasi

Kita pun sebainya mulai memperhatikan kebiasaan buruk anak karena bisa saja anak kita memiliki kebiasaan memakan camilan yang tidak normal sebagaimana yang dimanak oleh Miao Miao yang tentu berpotensi menyebabkan masalah kesehatan.