Hidup Melajang Rawan Terserang Penyakit Jantung

DokterSehat.com – Sebuah studi terbaru di Finlandia menyebutkan bahwa pernikahan memeiliki korelasi yang erat dengan kesehatan jantung. Dalam studi tersebut ditemukan bahwa kehidupan pernikahan yang sehat dan menyenangkan dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Sementara studi lain mendapati temuan bahwa menajalni kehidupan melajang, baik bagi pria ataupun wanita berisiko memicu timbulnya penyakit jantung, bahkan berpotensi menyebabkan kematian.



Dokter Aino Lammintausta, peneliti dari Turku University Hospital mengungkapkan bahwa pernikahan dapat mengurangi risiko serangan coroner akut pada pria dan wanita. Studi yang melibatkan 15.300 responden penderita sakit jantung pada tahun 1993 sampai 2000 ini menunjukkan fakta bahwa terdapat 7.700 responden yang meninggal dunia dengan rentang jarak 28 hari setelah mengalami serangan jantung.

58-66% pria lajang lebih berkemungkinan mengalami serangan jantung dan penyakit kardiovaskular lainnya. Sementara 60-65% wanita lajang pun cenderung lebih berpotensi terkena serangan jantung jika disbanding dengan wanita yang telah bersuami.

Dapat disimpulkan bahwa kemungkinan kematian yang disebabkan serangan jantung pada pria dan wanita lajang lebih tinggi jika disbanding dengan mereka yang telah berpasangan bahkan hidup damai dalam pernikahan. Yang perlu diketahui adalah serangan penyakit jantung pada pria dan wanita lajang tidak memandang usia.