Hidup di Kota Memang Bisa Membuat Kita Mudah Terkena Stress

DokterSehat.Com– Sebuah penelitian yang dilakukan di Carnegie Mellon University mengungkapkan sebuah fakta dimana mereka yang tinggal di kota ternyata lebih rentan untuk terkena stress jika dibandingkan dengan mereka yang tinggal di area pedesaan. Dalam penelitian ini, diketahui bahwa tingkat stress warga perkotaan ternyata cenderung meningkat selama 18 hingga 24 persen dalam 26 tahun terakhir. Apa yang menyebabkan peningkatan stress ini?

doktersehat-hidup-kota

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa kehidupan di kota ternyata cenderung memiliki tantangan sosial ekonomi yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan hidup di area pedesaan. Selain itu, di kota, kita juga cenderung memiliki persaingan yang lebih tinggi. Menurut pakar ekonomi dari Universitas Indonesia bernama Imaduddin Abdullah, adanya persaingan ini ternyata bisa berimbas pada biaya hidup yang semakin tinggi. Padahal, tidak semua orang mampu memenuhi biaya hidup tersebut.

Menurut Imaduddin, tuntutan ekonomi yang tinggi, baik itu karena tagihan bulanan, cicilan rumah, atau biaya hidup sehari-hari, ditambah dengan perjalanan yang terhambat kemacetan sehari-hari, ternyata bisa berimbas buruk pada meningkatnya kadar stress. Selain itu, masyarakat perkotaan juga cenderung memiliki waktu tidur yang singkat karena memang harus melakukan berbagai aktifitas yang padat. Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika waktu tidur yang berantakan bisa memicu stress.

Pakar kesehatan dan psikologi Liza Marielly Djaprie yang berasal dari Sanatorium Dharmawangsa menyebutkan bahwa jika stress ini dibiarkan dalam waktu yang lama, dikhawatirkan penderitanya akhirnya mengembangkan penyakit berbahaya layaknya meningkatnya kadar kolesterol, penyakit jantung, atau bahkan diabetes. Karena alasan inilah penyakit-penyakit kronis ini cenderung lebih banyak muncul pada masyarakat perkotaan alih-alih di masyarakat desa.

Untuk menghindari masalah kesehatan tersebut, ada baiknya masayarakat perkotaan lebih baik dalam menjaga pola makan yang sehat, mulai menata kembali waktu tidurnya agar lebih berkualitas, dan mulai menyempatkan waktu untuk berolahraga atau menikmati alam agar bisa menghilangkan stress.