Hidung Mimisan Tanda Adanya Penyakit Berbahaya?

DokterSehat.Com– Tahukah anda jika mimisan adalah hal yang hampir selalu pernah dialami oleh setiap orang di muka bumi ini? Dalam sebuah penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul Ballenger’s Otorhinolaryngology, disebutkan bahwa 60 persen manusia setidaknya pernah mengalami mimisan sekali dalam hidupnya. Kebanyakan dari kita akan panik dan takut saat melihat keluarnya darah dari lubang hidung dan membayangkan bahwa hal ini adalah tanda akan adanya penyakit yang berbahaya. Sebenarnya, apa penyebab dari mimisan ini?

doktersehat-tht-hidung-mimisan-bleeding-nosebleed

Pakar kesehatan Hank Green menyebutkan bahwa mimisan terjadi saat pembuluh darah pada hidung pecah dan akhirnya mengeluarkan darah melalui lubang hidung. Ada banyak penyebab dari pecahnya pembuluh darah ini, baik itu karena faktor lubang hidung yang kering hingga karena kebiasaan mengorek hidung. Selain itu, jika udara di sekitar kita cenderung kering, berasap, atau terkena dehidrasi, maka lendir pelindung hidung akan mengering dan akhirnya membuat pembuluh darah mudah pecah. Selain karena kondisi hidung yang kering, beberapa penyebab lain layaknya terjatuh, terpukul, atau hidung terbentur juga bisa memicu mimisan.

Meskipun penyebab mimisan secara umum tidak berbahaya, dalam beberapa kasus mimisan juga bisa menandakan adanya pendarahan atau bahkan tumor pada otak. Hanya saja, kasus ini hanya 10 persen dari kasus mimisan total sehingga tidak perlu kita khawatirkan dengan berlebihan.

Untuk mengatasi mimisan, pakar kesehatan menyarankan kita untuk memberikan tekanan pada hidung agar pendarahan bisa berkurang. Dengan melakukannya, sel darah merah yang disebut sebagai platelet akan secara alami menutup lubang yang memicu pendarahan. Selain itu, pastikan untuk memposisikan kepala dalam kondisi rileks demi menghentikan pendarahan.