Hidung Mampet Ternyata Tidak Selalu Karena Flu

DokterSehat.Com – Saat hidung kita mampet, kita sering kali akan berpikir jika kita segera terkena masalah flu atau pilek. Memang, salah satu gejala dari penyakit pilek adalah hidung yang tersumbat, baik itu pada salah satu lubang hidung atau bahkan pada kedua lubang hidung. Hanya saja, pakar kesehatan justru berkata jika hidung mampet tidak selalu disebabkan oleh penyakit pilek dan bisa jadi menjadi tanda adanya gangguan kesehatan lain yang harus kita waspadai. Apa sajakah beberapa penyebab hidung mampet selain flu?

doktersehat-sakit-flu

Hidung yang tersumbat tentu saja menjadi tanda adanya ketidakberesan pada organ indera penciuman ini. Selain karena pilek, hidung yang tersumbat ternyata bisa disebabkan oleh adanya infeksi sinus pada hidung. Selain hidung yang mampet, penderita sinus biasanya juga bisa membuat beberapa masalah kesehatan layaknya rasa nyeri pada hidung, sakit kepala, demam, hingga munculnya ingus yang disertai dengan nanah. Infeksi pada sinus biasanya ditandai dengan hidung yang mampet selama lebih dari dua minggu sehingga kita pun harus segera memeriksakan kondisi ini ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Ibu hamil ternyata juga bisa mengalami masalah hidung mampet karena masalah perubahan hormon. Sebagaimana kita ketahui, ibu hamil mengalami perubahan hormon yang sangat banyak sehingga membuat banyak fungsi dari organ tubuh yang mengalami perubahan drastis. Selain pada ibu hamil, mereka yang mengalami tiroid yang tidak bekerja dengan benar atau yang disebut dengan kondisi hipotiroid juga bisa mengalami masalah hidung tersumbat. Hipotiroid sendiri adalah kondisi dimana tubuh tidak lagi memproduksi hormon tiroid yang cukup sehingga tubuh pun kekurangan homon ini. Salah satu gejala dari hipotiroid adalah hidung yang tersumbat layaknya sedang terkena penyakit flu.

Baca Juga:  Manfaat Mengkonsumsi Bawang Putih

Penyebab lain dari hidung tersumbat adalah adanya masalah polip pada hidung. Polip sendiri adalah sebuah kondisi dimana terdapat sebuah pertumbuhan pada rongga hidung atau area sinus yang berupa pertumbuhan non kanker dan tidak berbahaya. Sayangnya, saluran udara di dalam rongga hidung akan tersumbat sehingga bisa memicu beberapa masalah layaknya asma, alergi, atau bahkan infeksi sinus sehingga kita pun tentu harus segera memeriksakan kondisi ini ke dokter dengan segera sehingga lebih mudah disembuhkan.