Hidung Anak Tersumbat Karena Flu? Tenang, Lakukan Saja Hal ini

DokterSehat.Com – Di pertengahan musim hujan seperti sekarang ini, tentu sangat wajar untuk menemukan anak yang terkena flu. Suhu udara yang lebih rendah dan seringnya anak-anak bermain sambil terkena hujan atau gerimis bisa memicu masalah kesehatan ini. Saat anak terkena flu, banyak orang tua khawatir dengan kondisi anaknya yang menjadi lebih lemas hingga mengalami masalah kesulitan bernafas. Apa yang bisa orang tua lakukan untuk mengatasi hal ini?

doktersehat-anak-flu-pilek-sakit

Susah bernafas adalah salah satu masalah kesehatan yang cukup biasa terjadi pada anak-anak saat flu. Hanya saja, ada baiknya orang tua tidak panik jika mendapati anaknya terkena masalah ini. Tak perlu terburu-buru memberikannya obat-obatan kimia, kita hanya perlu menggunakan minyak kayu putih untuk mengatasi masalah susah bernafas ini.

Saat anak akan beranjak tidur, cobalah untuk meneteskan minyak kayu putih pada lap kain atau tisu. Setelah itu, kita bisa memasukkan tisu atau lap kain ini di dalam sarung bantal yang akan digunakan untuk tidur oleh anak. Hal ini diyakini akan membuat saluran pernafasan anak menjadi lebih lega sekaligus meringankan gejala flu dengan signifikan.

Bagaimana hal ini bisa terjadi? Pakar kesehatan menyebutkan jika minyak kayu putih ternyata bisa menjadi dekongestan alami yang mampu membantu mengatasi rasa sesak di dada andai dihirup selama anak tertidur. Tak hanya itu, minyak kayu putih juga bisa memberikan efek menenangkan bagi rongga hidung. Alhasil, masalah hidung tersumbat juga bisa segera diatasi.

Minyak kayu putih yang memiliki aroma yang lembut juga bisa memberikan efek menenangkan bagi anak. Jika sebelumnya anak kesulitan untuk tidur karena terkena flu atau bahkan gangguan pernafasan, maka adanya aroma yang menenangkan dari minyak kayu putih ini akan membuat tidurnya pun jauh lebih nyenyak.