Hidrosefalus Tekanan Normal (NPH) – Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Hidrosefalus adalah suatu kondisi di mana ada terlalu banyak CSF dalam ventrikel. Otak dan sumsum tulang belakang dikelilingi oleh cairan bening yang disebut cairan serebrospinal (CSF). Cairan ini diproduksi dan disimpan dalam rongga dalam otak yang disebut ventrikel. Cairan serebrospinal bersirkulasi di sekitar otak, bergerak dari ventrikel ke ventrikel. Tujuan dari cairan ini adalah sebagai bantalan dan melindungi otak dan sumsum tulang belakang, pemasok nutrisi, dan membuang beberapa produk limbah dari hasil metabolisme otak. Setiap saluran cairan yang berlebihan dari otak dan diserap oleh pembuluh darah otak.

doktersehat-hidrosefalus

Hidrosefalus terjadi ketika sistem yang seharusnya menguras dan menyerap cairan serebrospinal tidak bekerja dengan baik. Ventrikel akhirnya memperbesar ruangny untuk mengakomodasi cairan ekstra ini dan kemudian menekan bagian yang berbeda dari otak, menyebabkan sejumlah gejala yang berbeda. Hidrosefalus memiliki banyak penyebab yang berbeda. Beberapa orang dilahirkan dengan kondisi tersebut, sementara ada juga yang mengalaminya selama hidup mereka.

Hidrosefalus tekanan normal (Normal Pressure Hydrocephalus/NPH) adalah jenis hidrosefalus yang biasanya terjadi pada orang dewasa yang lebih tua. Rata-rata usia orang dengan NPH adalah di atas usia 60 tahun. NPH berbeda dari jenis lain hidrosefalus dan berkembang perlahan-lahan dari waktu ke waktu. Drainase CSF diblokir secara bertahap, dan kelebihan cairan menumpuk perlahan-lahan. Pembesaran ventrikel yang lambat berarti bahwa tekanan cairan di otak mungkin tidak setinggi jenis-jenis hidrosefalus lainnya. Namun, ventrikel membesar masih menekan pada otak dan dapat menyebabkan gejala (istilah “tekanan normal” agak menyesatkan, meskipun artinya adalah tekanannya meningkat sedikit demi sedikit).

Bagian-bagian otak yang paling sering terkena di NPH adalah bagian otak yang mengontrol kaki, kandung kemih, dan proses mental “kognitif” seperti memori, penalaran, pemecahan masalah, dan berbicara. Penurunan proses mental jika cukup parah akan mengganggu aktivitas sehari-hari, dikenal sebagai demensia. Gejala lain termasuk gaya berjalan yang abnormal (kesulitan berjalan), ketidakmampuan menahan kencing (inkontinensia), dan, kadang-kadang, ketidakmampuan untuk mengontrol perut.

Gejala demensia NPH bisa mirip dengan penyakit Alzheimer. Masalah berjalan mirip dengan penyakit Parkinson. Para ahli mengatakan bahwa banyak kasus NPH didiagnosa sebagai salah satu penyakit ini. Kabar baiknya adalah bahwa, tidak seperti Alzheimer dan Parkinson, NPH dapat sembuh pada banyak orang dengan pengobatan yang tepat. Tapi pertama-tama diagnosis harus benar bahwa memang NPH.

Apa Penyebab Hidrosefalus Tekanan normal (NPH)?
Hidrosefalus tekanan normal dapat terjadi setelah cedera kepala, pendarahan di sekitar otak (karena pukulan ke kepala), stroke, meningitis (infeksi lapisan pelindung jaringan di sekitar otak), atau tumor otak. Hal ini juga dapat terjadi setelah operasi pada otak. Bagaimana mekanisme dari kondisi tersebut untuk menyebabkan NPH masih tidak jelas. Dalam kebanyakan kasus, penyebab NPH tidak pernah diketahui.

Apakah Gejala Hidrosefalus Tekanan Normal?
Pada awalnya, gejala bisa sangat halus namun semakin memburuk secara bertahap.

Gejala demensia yang meliputi:

  • Hilang ingatan
  • Gangguan bicara
  • Apatis (ketidakpedulian) dan penarikan diri
  • Perubahan perilaku atau suasana hati
  • Kesulitan dalam penalaran, perhatian, pertimbangan, atau penilaian
  • Masalah berjalan
  • Ketidakseimbangan
  • Kelemahan Tungkai
  • Mendadak jatuh
  • Kesulitan mengambil langkah pertama, seakan kaki terjebak di lantai
  • Jalan tampak kaku

Gejala Berkemih:

  • Ketidakmampuan untuk menahan kencing
  • Ketidakmampuan untuk menahan tinja
  • Sering buang air kecil
  • Buang air kecil keluar begitu saja

Gejala-gejala berikut ini dapat berhubungan dengan peningkatan tekanan di otak:

  • Sakit kepala
  • Mual/mendadak muntah
  • Pandanngan dobel

Kapan Mencari Perawatan Medis untuk Hidrosefalus Tekanan normal
Beberapa orang berpikir bahwa kehilangan memori, kesulitan menemukan kata-kata, masalah berjalan, atau masalah  buang air kecil adalah bagian normal dari penuaan. Dalam banyak kasus, jika hal tersebut adalah karena Hidrosefalus Tekanan Normal, maka gejala tersebut dapat diobati.

Diagnosis
Gejala-gejala hydrocephalus tekanan normal juga bisa terjadi penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson. Namun demikian, kombinasi dari gejala demensia seperti masalah berjalan, dan masalah buang air kecil harus diwaspadai dokter sebagai kemungkinan NPH. Membuat diagnosis perbandingan untuk mencari kemungkinan lain memang sangat penting karena pengobatan kondisi ini sangat berbeda.

Pada setiap titik dalam proses mencari penyebab, penyedia layanan kesehatan dapat merujuk pasien ke dokter spesialis saraf atau bedah saraf untuk melakukan evaluasi dan memulai perawatan.

Evaluasi dimulai dengan anamnesis (wawancara) medis. Dokter akan mengajukan pertanyaan tentang gejala-gejala yang ada dan kapan gejala dimulai, masalah medis dan mental sekarang dan di masa lalu, masalah medis keluarga, obat yang telah dikonsumsi sekarang dan di masa lalu, pekerjaan dan pengalaman perjalanan, dan kebiasaan serta gaya hidup kemudian dengan pemeriksaan fisik yang rinci untuk mendokumentasikan kondisi pasien dan mengesampingkan gangguan lain yang mungkin menyebabkan gejala yang sama. Pemeriksaan mungkin akan mencakup tes status mental, seperti menjawab pertanyaan dan mengikuti petunjuk sederhana. Pemeriksaan neuropsikologis dapat dilakukan untuk mendokumentasikan gejala demensia penderita.

Baca Juga:  Penyakit Parkinson - Perawatan dengan Olahraga

Pemeriskaan neuropsikologis adalah metode yang paling akurat untuk menunjukkan dengan tepat dan mendokumentasikan masalah kognitif seseorang dan kekuatan.

Pemeriksaan Laboratorium
Tidak ada tes laboratorium yang menegaskan diagnosis NPH. Pemeriksaan laboratorium yang dilakukan untuk menyingkirkan kondisi yang dapat menyebabkan gejala yang sama.

Pemeriksaan Pencitraan

  • CT scan kepala: Scan sinar-X memberikan gambar 3-dimensi yang lebih rinci dari otak. Tidak dapat mengkonfirmasi diagnosis NPH, tetapi dapat menunjukkan pembesaran ventrikel atau perubahan lain yang mengarah NPH. CT scan aman dan tidak menyakitkan.
  • MRI kepala: Scan ini menggunakan sinyal gelombang elektromagnetik yang kuat untuk menciptakan gambaran rinci dari otak. MRI aman dan tidak menimbulkan rasa sakit, seperti CT scan, tetapi membutuhkan waktu lebih lama (sekitar 30 menit). MRI juga tidak dapat memastikan diagnosis NPH.

Pemeriksaan lain untuk Mengevaluasi Hidrosefalus Tekanan normal
Pungsi lumbal: Prosedur ini melibatkan pengambilan CSF dari daerah sekitar tulang belakang di punggung bawah. Tekanan CSF diukur, dan cairan yang dikeluarkan dianalisis untuk kelainan yang mungkin memberikan petunjuk mengenai masalah tersebut

Apakah Pengobatannya?
Hidrosefalus tekanan normal umumnya tidak dapat disembuhkan. Ini adalah kondisi jangka panjang. Namun, banyak orang dengan kondisi mendapatkan bantuan yang signifikan melalui pembedahan. Bagi mereka yang tidak disarankan untuk operasi, pengobatan terdiri dari langkah-langkah untuk meringankan suasana hati dan masalah perilaku, mengatasi masalah fisik seperti masalah buang air kecil, kesulitan berjalan, dan memaksimalkan fungsi fisik, mental, dan sosial.

Self-Care for Hidrosefalus Tekanan Normal
Seorang individu dengan hidrosefalus tekanan normal harus selalu berada di bawah perawatan seorang profesional medis. Banyak dari perawatan sehari-hari, namun, ditangani oleh keluarga dan pengasuh. perawatan medis harus fokus pada optimalisasi kesehatan individu, keamanan, dan kualitas hidup sambil membantu anggota keluarga mengatasi banyak tantangan untuk merawat orang yang dicintai dengan demensia dan gejala lain dari NPH.

Tingkat perawatan yang dibutuhkan oleh orang-orang dengan NPH bervariasi. Mereka yang menjalani operasi shunt sukses dapat terus hidup mandiri normal atau mendekati normal. Orang lain akan mengalami perburukan gejala mereka dari waktu ke waktu. Banyak dari orang-orang akhirnya akan memerlukan pengawasan dan perawatan dekat. saraf atau ahli bedah saraf harus mendiskusikan dengan Anda dan keluarga Anda apa yang diharapkan seiring waktu.

Sangat penting untuk mengetahui bahwa tidak ada obat atau perawatan medis lainnya.

Pembedahan
Hidrosefalus tekanan normal tidak disebabkan oleh kelainan struktural, seperti tumor otak. Dalam kebanyakan kasus, masalah mendasar tidak diketahui atau tidak dapat diobati. Perlakuan dalam kasus ini adalah operasi shunt.

Shunt adalah tabung tipis yang ditanamkan di otak oleh seorang ahli bedah saraf. Shunt akan dimasukkan ke dalam ventrikel untuk mengalirkan kelebihan CSF jauh dari otak. Tabung shunt ini disalurkan di bawah kulit dari kepala ke bagian lain dari tubuh, biasanya di peritoneum (perut bagian bawah). Shunt ini dilengkapi dengan katup yang terbuka untuk melepaskan cairan ketika tekanan meningkat, kemudian diserap oleh aliran darah. Pengaturan tekanan pada katup kadang-kadang harus disesuaikan kembali oleh operasi ulang di beberapa tahun kemudian.

Operasi shunt tidak menyembuhkan. Ini tidak mengobati penyebab yang mendasari NPH. Namun pemasangan shunt dapat meringankan gejala.

Operasi shunt tidak bekerja dengan baik untuk semua orang dengan NPH. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini.

Follow-Up Perawatan NPH
Jika seseorang memiliki NPH, pasien harus berkunjung rutin ke ahli saraf atau ahli bedah saraf. Kunjungan ini memungkinkan dokter untuk memantau gejala. Perubahan gejala mungkin memerlukan penyesuaian dalam perawatan.

Pencegahan NPH
Tidak ada cara yang diketahui untuk mencegah NPH. Gaya hidup sehat, termasuk tidak merokok, menjaga berat badan ideal, dan olahraga teratur, dapat membantu menghindari kondisi seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, diabetes, dan stroke yang mungkin berkontribusi terhadap NPH. Mengenakan helm, sabuk pengaman ketika berkemudi dapat membantu menghindari cedera kepala, penyebab lain dari NPH.