Tips Menggunakan Hidrogen Peroksida untuk Mengatasi Jerawat

krim-hidrogen-peroksida-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com/Moose Photos

DokterSehat.Com– Kulit berjerawat merupakan salah satu masalah yang kerap dialami oleh sebagian besar orang. Bicara soal jerawat, masalah satu ini disebabkan oleh sejumlah faktor. Mulai dari faktor hormonal hingga gaya hidup yang kurang sehat. Kendati demikian, jerawat rentan menyerang pada pemilik kulit yang berminyak. Pasalnya, minyak berlebih kerap menjebak kotoran dan sisa riasan di dalam pori-pori.

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan hidrogen peroksida. Bahan satu ini ampuh menyerap kelebihan minyak dan mengeksplorasi sel kulit mati. Kendati demikian, Anda harus menggunakan bahan satu ini dengan tepat seperti berikut.

1. Pembersih yang Melembapkan

Dilansir dari laman Stylecraze, Anda dapat mencampurkan hidrogen peroksida dengan pembersih yang berbahan lembut serta pelembap yang formula bahannya bersifat non-comedogenic. Kombinasi bahan-bahan tersebut tidak hanya ampuh menyerap minyak berlebih dan mengeksplorasi kulit, tetapi juga mempercepat proses penyembuhan kulit. Apalagi adanya kandungan moisturizer akan menjaga kulit semakin lembap.

2. Kombinasi Baling Soda

Cara lainnya adalah dengan mencampurkan hidrogen peroksida dengan baking soda. Campuran kedua bahan ini ternyata tidak hanya membersihkan kulit dari masalah jerawat. Kandungan baking soda akan mengembalikan keseimbangan pH kulit sehingga jerawtlat tidak akan muncul kembali.

3. Ekstrak Lemon

Bagi Anda yang ingin meredakan jerawat sekaligus memudarkan bekas jerawat, tidak ada salahnya untuk mencampurkan hidrogen peroksida dengan air perasan lemon. Kombinasi keduanya tidak hanya ampuh meredakan jerawat yang meradang, tetapi juga ampuh mencerahkan sekaligus menghilangkan bekas-bekas jerawat kehitaman yang mengganggu.

Wah, siapa yang menyangka jika dengan menggunakan hidrogen peroksida saja masalah jerawat dapat teratasi dengan mudah. Apalagi hidrogen peroksida juga dapat dikombinasikan dengan bahan lain yang aman untuk digunakan. Agar mendapat hasil yang optimal, jangan lupa untuk mengaplikasikannya secara rutin.