Herpes Simpleks – Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Herpes simpleks adalah penyakit yang diakibatkan oleh virus yang menyerang bagian kulit, mulut, dan alat kelamin. Virus herpes simpleks dikategorikan dalam 2 tipe: tipe 1 (HSV-1 atau herpes oral) dan tipe 2 (HSV-2 atau herpes genital). HSV-1 menyebabkan luka (kadang-kadang disebut “demam lepuh” atau “luka dingin”) di sekitar mulut dan bibir. HSV-1 dapat menyebabkan herpes genital, namun sebagian besar kasus herpes genital disebabkan oleh HSV-2. Dalam HSV-2, orang yang terinfeksi mungkin memiliki luka di sekitar alat kelamin atau dubur. Meskipun luka HSV-2 dapat terjadi di lokasi lain, luka ini biasanya ditemukan di bawah pinggang.

doktersehat-virus-kanker-cancer-rubella-gaucher-disease-rhabdomyosarcoma

Apa Penyebab Infeksi Herpes?
HSV-1, yang ditularkan melalui sekresi mulut atau luka pada kulit, dapat menyebar melalui ciuman atau barang yang digunakan bersama-sama, seperti sikat gigi atau peralatan makan.

Secara umum, seseorang hanya bisa mendapatkan infeksi HSV-2 selama kontak seksual dengan seseorang yang memiliki infeksi genital HSV-2. HSV-1 dan HSV-2 dapat menyebar bahkan jika tidak ada luka. Wanita hamil dengan herpes genital harus berdiskusi dengan dokter karena herpes genital dapat ditularkan ke bayi saat melahirkan.

Bagi banyak orang yang memiliki herpes. Kekambuhan dari herpes dapat disebabkan oleh kondisi berikut:

  • penyakit umum (dari penyakit ringan sampai kondisi yang serius)
  • kelelahan
  • stres fisik atau emosional
  • imunosupresi akibat AIDS atau obat seperti kemoterapi atau steroid
  • trauma pada daerah yang terkena, termasuk aktivitas seksual
  • haid

Apa Apakah Gejala HSV?
Gejala HSV biasanya muncul sebagai luka lepuh pada area yang terkena dan pada area sekitar yang terkena – biasanya mulut, alat kelamin, atau dubur. Lepuh pecah, meninggalkan luka yang nyeri seperti terbakar.

Bagaimana HSV Didiagnosis?
Seringkali, penampilan HSV khas dan tidak ada pengujian diperlukan untuk mengkonfirmasi diagnosis. Jika penyedia layanan kesehatan tidak pasti, HSV dapat didiagnosis dengan tes laboratorium, termasuk tes DNA dan kultur virus.

Baca Juga:  Apa Itu Herpes?

Bagaimana Herpes Diobati?
Meskipun tidak ada obat untuk herpes, perawatan dapat meringankan gejala. Obat dapat mengurangi rasa sakit yang terkait dengan kekambuhan dan dapat mempersingkat waktu penyembuhan. Obat termasuk Famvir, Zovirax, Acyclovir, dan Valtrex, gunakan salah satu obat yang untuk mengobati gejala herpes. Mandi air hangat dan krim mati rasa dapat meringankan rasa sakit yang terkait dengan luka genital.