Herniated Nucleus Pulposus (Slipped disk)

Dokter Sehat – Herniated nucleus pulposus (Herniated Disk) adalah piringan yang terselip sepanjang tali tulang belakang, keadaan tersebut terjadi ketika seluruh atau sebagian pusat piringan tulang belakang yang lunak ditekan sepanjang bagian atau piringan yang lemah.



Penutup keras pada piringan tulang belakang bisa robek (pecah), menyebabkan nyeri. Bagian dalam yang lembut, seperti jel bisa menonjol keluar (herniated) sepanjang penutup tersebut, menyebabkan lebih nyeri. Nyeri terjadi karena tonjolan tersebut menyebabkan tekanan pada pusat syaraf tulang punggung disebelahnya. Kadangkala syaraf tersebut rusak.

Penyebab

Tulang (belakang) pada batang punggung sepanjang punggung, menghubungkan tengkorak dengan panggul, tulang ini melindungi syaraf yang menonjol pada otak dan menjalar kebawah punggung dan ke seluruh tubuh. tulang belakang tersebut dipisahkan oleh piringan yang berisi bahan yang lembut, seperti agar-agar, yang menyediakan batalan ke batang tulang belakang. Piringan ini bisa hernia (bergerak keluar dari tempatnya) atau pecah karena luka berat atau tegangan.
Batang tulang belakang dibagi kedalam beberapa bagian-cervical tulang belakang (leher), thoracic spine (bagian punggung dibelakang dada), lumbar tulang belakang (punggung bagian bawah), dan sacral tulang belakang (bagian yang dihubungkan dengan panggul yang tidak bisa bergerak). Radiculopathy merujuk pada setiap penyakit yang mengenai pusat syaraf tulang belakang, herniated disk adalah salah satu penyebab radiculopathy (sciatica).

Kebanyakan hernia terjadi di bagian punggung bawah (daerah lumbar) pada punggung, lebih dari 80% piringan yang hernia terjadi di punggung bagian bawah. Paling sering terjadi pada orang berusia 30 sampai 50 tahun. diantara usia ini, pelindung tersebut melemah. Bagian dalam, yang dibawah tekanan tinggi, bisa menekan melalui sebuah sobekan atau bintik yang melemahkan pada penutup dan menonjol keluar. Setelah usia 50 tahun, bagian dalam piringan tersebut mulai mengeras, membuat hernia sedikit mungkin. Sebuah piringan bisa turun berok tiba-tiba, luka trauma atau luka kecil berulang. Menjadi kelebihan berat badan atau mengangkat benda berat, terutama mengangkat tidak bagaimana semestinya, meningkatkan resiko tersebut.

Lumbar disk herniation terjadi 15 kali lebih sering dibandingkan cervical (leher) disk herniation, dan ini adalah salah satu penyebab yang paling umum pada nyeri punggung belakang. Cervical disk mengenai 8% setiap kali dan upper-to-mid-back disk (thoracic) hanya 1-2 % setiap kali.

Gejala

Pusat syaraf (syaraf besar yang bercabang keluar dari tali tulang belakang) bisa menjadi tertekan mengakibatkan gejala-gejala neurological, seperti perubahan sensor atau gerak.
Dimana nyeri tersebut terjadi tergantung dimana piringan itu turun berok dan dimana pusat syaraf tulang punggung terkena, nyeri tersebut terasa sepanjang lintasan syaraf yang tertekan oleh piringan yang turun berok. Misal, piring hernia umumya menyebabkan sciatica.

Baca Juga:  Manfaat Anggur untuk Tulang Perempuan

Nyeri tersebut bervariasi dari ringan sampai melumpuhkan, dan gerakan memperhebat nyeri tersebut. kaku dan kelemahan otot bisa juga terjadi. Jika tekanan pada pusat syaraf besar, kaki kemungkinan lumpuh. Jika cauda equina (berkas syaraf melebar dari bagian bawah tali tersebut) terkena, pengendalian kantung kemih dan isi perut bisa hilang. Jika gejala-gejala serius ini terjadi, perawatan medis diperlukan dengan segera.

Pengobatan

Pengobatan pertama untuk herniated disk adalah waktu singkat istirahat dengan rasa sakit dan anti-inflamasi obat, diikuti dengan terapi fisik, kebanyakan orang yang mengikuti perawatan ini akan pulih dan kembali ke kegiatan normal mereka. Sejumlah kecil orang perlu mendapatkan perawatan lebih lanjut, yang mungkin termasuk suntikan steroid atau operasi.

Nonsteroid obat anti-inflammatory drugs (NSAID) dan obat penghilang rasa sakit narkotika akan diberikan kepada orang-orang dengan herniated disk mendadak yang disebabkan oleh beberapa jenis cedera (seperti kecelakaan mobil atau mengangkat benda yang sangat berat) yang segera diikuti dengan sakit parah di belakang dan kaki.

Jika Anda memiliki kembali kejang, biasanya Anda akan menerima relaksan otot. Pada kesempatan langka, steroid dapat diberikan dengan pil atau langsung ke dalam darah melalui infus. NSAID digunakan untuk mengontrol rasa sakit jangka panjang, tapi narkotika dapat diberikan jika rasa sakit tidak merespon obat anti-inflamasi.

Perubahan gaya hidup
Diet dan olahraga sangat penting untuk meningkatkan nyeri punggung pada pasien kelebihan berat badan, terapi fisik penting untuk hampir semua orang dengan penyakit sendi. Terapis akan memberitahu Anda bagaimana untuk benar mengangkat, berpakaian, berjalan, dan melakukan aktivitas lain. Mereka akan bekerja untuk memperkuat otot-otot yang membantu mendukung tulang belakang. Anda juga akan belajar fleksibilitas tulang belakang dan kaki.

Injeksi
Suntikan steroid ke belakang di daerah herniated disk dapat membantu mengontrol rasa sakit selama beberapa bulan, suntikan tersebut mengurangi pembengkakan di sekitar disk dan meringankan banyak gejala. Suntikan tulang belakang biasanya dilakukan secara rawat jalan dengan menggunakan x-ray atau fluoroskopi untuk mengidentifikasi daerah di mana injeksi diperlukan.

Bedah
Pembedahan mungkin menjadi pilihan bagi beberapa pasien yang gejalanya tidak hilang meskipun pengobatan lain dan waktu.

Pencegahan

Pekerjaan yang aman dan praktek bermain, teknik mengangkat yang tepat, dan pengendalian berat badan dapat membantu mencegah kembali cedera pada beberapa orang. Beberapa dokter merekomendasikan penggunaan kawat gigi kembali untuk membantu mendukung tulang belakang. Kawat gigi tersebut dapat membantu mencegah cedera pada orang yang pekerjaannya mengharuskan mereka untuk mengangkat benda berat. Namun, terlalu sering menggunakan perangkat ini dapat melemahkan otot-otot perut dan punggung, membuat masalah lebih buruk.