Hernia

DokterSehat.com – Hernia adalah penyakit akibat turunnya buah zakar seiring melemahnya lapisan otot dinding perut. Dinding rongga yang lemah itu membentuk suatu kantong dengan pintu berupa cincin. Gangguan ini sering terjadi di daerah perut dengan isi yang keluar berupa bagian dari usus. Penderita hernia, memang kebanyakan laki-laki, terutama anak-anak.



Penyebab :

Hernia yang terjadi pada anak-anak, lebih disebabkan karena kurang sempurnanya procesus vaginalis untuk menutup seiring dengan turunnya testis atau buah zakar. Sementara pada orang dewasa, karena adanya tekanan yang tinggi dalam rongga perut dan karena faktor usia yang menyebabkan lemahnya otot dinding perut.

Penyakit hernia banyak diderita oleh orang yang tinggal didaerah perkotaan yang notabene yang penuh dengan aktivitas maupun kesibukan dimana aktivitas tersebut membutuhkan stamina yang tinggi. Jika stamina kurang bagus dan terus dipaksakan maka penyakit hernia akan segera menghinggapinya.

Gejala :

Kebanyakan penderitanya akan merasakan nyeri, jika terjadi infeksi di dalamnya, misalnya, jika anak-anak penderitanya terlalu aktif.

Pengobatan :

Pengobatan medis untuk hernia masih dengan melakukan pembedahan. Seringkali hernia dapat didorong kembali ke dalam rongga perut.

Sumber : detikhealth.com