Herbal Alami Untuk Radang Tenggorokan

DokterSehat.com– Radang tenggorokan merupakan jenis penyakit yang sangat mudah menyerang siapa saja. Penyakit yang tergolong dalam penyakit pernapasan ini akan sangat menggangu, dengan gejala sakit saat menelan. Biasanya penyakit ini akan mengawali penyakit flu. Secara medis radang tenggorokan merupakan kondisi tenggorokan yang terinfeksi bakteri. Hal inilah yang menyebabkan tenggorokan mengalami iritasi, peradangan, serak, batuk, dan gatal.

5

Bakteri penyebab radang tenggorokan adalah bakteri Stereptococcus Pyogenes sebagai penyebab umum radang tenggorokan. Jenis bakteri ini dapat menular melalui udara baik batuk maupun bersin. Selain itu, bakteri juga dapat menyebar melalui makanan, minuman, atau barang-barang yang sudah terinfeksi oleh bakteri ini. Untuk meredakannya dapat mengkonsumsi antibiotik. Namun ada alternatif lain jika Anda tidak menginginkan jenis obat kimia. Ada beberapa jenis bahan-bahan alami serta terapi yang dapat digunakan untuk mengatasi radang tenggorokan, diataranya:

Teh Jahe

Campurkan segelas teh dengan rebusan jahe yang telah dimemarkan kemudian dimasak kurang lebih dua menit.

Teh Chamomile

Teh Chamomile hangat akan mengurangi peradangan. Caranya adalah seduh dua kantung teh chamomile dengan satu cangkir air mendidih. Jika menginginkan rasa manis, tambakan madu.

Berkumur dengan Campuran Kunyit, Air, dan Garam

Campuran ini sangat efektif untuk menghilangkan rasa sakit pada tenggorokan. Campurkan saru sendok teh garam, dan sejumput kunyit dengan 200 ml air hangat. kemudian gunakan untuk berkumur selama beberapa kali.

Daun kemangi

Rebuslah daun kemangi, kemudian gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur atau diminum. Rebusan kemangi ini akan melegakan tenggorokan

Madu dan lemon

Campurkan satu gelas air hangat yang ditambah dengan satu sendok makan lemon dan madu. Campuran ini dikenal sangat fektif dalam mengobati sakit tenggorokan. Jika tidak ada lemon, madu dengan air hangat pun dapat dijadikan sebagai antibiotik alami. Namun perlu dicatat, sebaiknya madu tidak diberikan pada anak berusia di bawah dua tahun.

Baca Juga:  Ini Dia Buah dan Sayuran yang Dapat Mencegah Obesitas

Menghirup Uap Panas

Terapi kuno ini cukup efektif untuk meredakan radang tenggorokan. Taruhlah air panas dalam panci lalu letakkan didepan muka. Pakailah handuk agar uap tidak menyebar kemana-mana. Hirup uap dari panci melalui hidung dan sesekali melalui mulut.

Konsumsi Sup

Dengan kondisi sakit saat menelan, maka konsumsilah makanan seperti sup ayam hangat dengan memberikan cita rasa sedikit asam. Makanan ini tidak hanya akan meringankan rasa sakit tetapi juga akan memastikan Anda mendapatkan nutrisi untuk melawan peradangan.

Minum Jus Lemon Tanpa Gula

Campurkan dua sendok perasan setengah buah lemon ke dalam segelas air hangat. Jangan menambahkan gula. Minum 2 hingga 3 kali sehari dalam keadaan perut kososng, sekitar 30-60 menit sebelum makan.

Makan Bawang Putih

Kandungan yang ada di dalam bawang putih adalah senyawa Allicin yang dapat membunuh bakteri. Bawang tersebut dikunyah, sehingga mengeluarkan senyawa Allicin yang dapat mengatasi radang tenggorokan.

Jus Buah Belimbing

Buah belimbing mengandung khasiat antiradang tenggorokan, ambil 100 gram buah belimbing manis, buatlah jus, dan minum.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengalami radang tenggorokan adalah istirahat yang cukup, perbanyak minum air putih, agar kelembaban pada tenggorokan tetap terjaga, serta hindari rokok. Hindari pula makanan yang asam dan pedas, minuman es, dan yang terlalu banyak mengandung minyak.