Heboh Video Tutup Botol Air Mineral Mudah Dicungkil, Begini Cara Mengecek Botol yang Baik

DokterSehat.Com – Belakangan ini dunia media sosial dihebohkan dengan adanya video yang menunjukkan bahwa botol air mineral dari salah satu produsen air paling terkenal di tanah air mudah untuk dicungkil tanpa perlu diputar terlebih dahulu. Mengingat cukup banyak orang yang masih mengkonsumsi botol air minum dengan ukuran 330 ml ini, maka video ini pun menjadi viral dan membuat orang bertanya-tanya, apakah memang di pasaran ada botol air mineral yang tidak standar atau palsu?

doktersehat-isi-ulang-botol-air-minum-kotor-bakteri

Pihak produsen Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) yang bersangkutan melalui Arif Mujahidin selaku direktur komunikasi menyebutkan bahwa pihak produsen masih akan melakukan penelusuran lebih lanjut tentang video yang cukup menghebohkan tersebut. Hanya saja, Arif berkata bahwa seharusnya cara mengecek tutup botol yang baik itu diputar, bukannya dicongkel seperti pada video tersebut.

Lantas, seperti apa sebenarnya ciri botol air mineral kemasan yang baik? Arif menjelaskan bahwa saat membeli, ada baiknya kita selalu mengecek kemasan botol air minum tersebut. Pastikan botol air mineral ini dalam keadaan baik, bersih, dan masih tertutup dengan rapat. Air di dalam botol kemasan juga tidak mengalami perubahan warna sehingga terlihat bening.

Saat kita membuka botol air minum tersebut dengan cara diputar, biasanya akan muncul bunyi seperti “krek-krek” yang menandakan bahwa sambungan dari tutup botol air minum bagian atas dan bawah telah lepas. Adanya bunyi tersebut juga menandakan bahwa sebelumnya botol tersebut tertutup dengan rapat.

Tak hanya mengecek kondisi tutup botol, sebelum minum, pastikan bahwa air ini tidak memiliki bau dan juga rasa. Selain itu, kita juga bisa mengecek tanggal kadaluwarsa yang tercantum pada tutup serta leher botol sama. Jika terlihat berbeda atau ada yang kurang standar, Arif menyarankan kita untuk segera mengembalikan produk ini pada tempat kita membeli. Biasanya, produk ini akan ditukar dengan produk lain yang sesuai dengan standar.