Heboh Nikahsirri.com, Seperti Apa Sebenarnya Dampak yang Ditimbulkan Karena Menikah Siri?

DokterSehat.Com– Belakangan ini publik dihebohkan dengan adanya situs nikahsirri.com yang dianggap kontroversial dan menjadi ajang prostitusi terselubung. Pemilik dari situs ini juga sedang dalam pemeriksaan pihak kepolisian. Sebagaimana kita ketahui, meskipun dalam realitanya banyak dilakukan oleh masyarakat tanah air, nikah siri masih menjadi hal yang kontroversial dan dianggap merugikan bagi kaum wanita. Sebenarnya, apa sajakah dampak yang akan didapatkan dari menikah siri?



Menteri Sosial Khofitah Indar Parawansa menyebutkan bahwa banyak orang yang tidak menyadari betapa seriusnya dampak sosial yang disebabkan oleh menikah siri. Sebagai contoh, jika pasangan yang menikah siri ini memiliki anak, maka anaknya ini akan kesulitan untuk mendapatkan akta lahir dan berbagai proses administrasi lainnya. Padahal, pada tahun 2015 saja 43 persen dari 83 juta anak di Indonesia masih belum memiliki akta kelahiran.

Meskipun sah secara agama, menikah siri tidak terdaftar di pemerintah dan hal ini membuat pihak wanita dan anak-anak berada dalam sisi yang tidak menguntungkan akibat dari tidak adanya sisi administrasi yang bisa melindunginya. Alhasil, kasus perceraian dari pasangan yang menikah siri juga meningkat sebagaimana kasus kekerasan rumah tangga. Padahal, jika sampai pasangan yang menikah siri bercerai dengan kondisi sudah punya anak. Mereka juga kesulitan untuk mendapatkan warisan atau berbagai hal-hal yang bersifat administratif lainnya.

Mengingat hingga saat ini belum ada peraturan yang melarang pernikahan siri, ada baiknya pihak wanita benar-benar berpikir ulang jika sampai diminta untuk menikah siri dengan pasangannya karena lebih banyak memberikan kerugian baginya.