Heartburn Tidak Selalu Disebabkan Oleh Makanan Pedas dan Berlemak

DokterSehat.Com – Seringkali kita merasakan heartburn atau naiknya asam lambung hingga ke tenggorokan setelah kita mengkonsumsi beberapa makanan tertentu. Makanan-makanan yang terasa pedas, panas, atau bahkan berlemak seringkali ditengarai sebagai penyebab utama naiknya asam lambung yang membuat rasa tidak nyaman bagi tubuh. Namun, tahukah anda, penyebab dari naiknya asam lambung ternyata tidak hanya terbatas pada konsumsi makanan tertentu saja. Terdapat beberapa penyebab lain yang bisa membuat masalah pencernaan ini seperti sebagai berikut.

doktersehat-lambung-sakit

Beberapa orang ternyata tidak cocok dengan makanan-makanan tertentu dan jika memakannya, maka asam lambung pun akan segera naik dan membuat rasa tidak nyaman. Tidak selalu makanan yang mengandung asam tinggi bisa menyebabkan naiknya asam lambung mengingat perut sendiri sudah memproduksi asam hidroklorik dengan jumlah yang sangat tinggi. Sebagai contoh, seseorang yang tidak cocok mengkonsumsi mie akan langsung merasakan naiknya asam lambung setelah mengkonsumsi makanan tersebut. Selain memakan makanan yang kurang cocok pada perut, kebiasaan meminum alkohol ternyata juga bisa memicu heartburn. Alkohol akan membuat otot perut bernama esophageal sphincter mengalami pengenduran dan menyebabkan naiknya asam lambung. Bahkan, jika konsumsi alkohol ini dilakukan sebelum tidur, maka masalah heartburn bisa menjadi semakin parah.

Mereka yang memiliki hobi mengkonsumsi makanan sebelum tidur ternyata juga bisa menyebabkan naiknya asam lambung hingga tenggorokan. Perut yang terisi peruh menjelang tidur akan segera menaikkan asam lambung dengan cepat. Selain itu, jika kita mengkonsumsi makanan dalam frekuensi yang sangat sering dan dalam jumlah yang besar, maka asam lambung juga akan hadir dengan sensasi terbakar yang membuat tubuh terasa sangat tidak nyaman.

Jika kita memiliki indeks massa tubuh yang berlebihan, maka resiko mendapatkan masalah naiknya asam lambung ternyata juga bisa meningkat. Tubuh yang cenderung subur akan membuat sistem pencernaan bergerak lebih lambat dan memberikan tekanan berlebihan pada abdomen dan bisa memicu naiknya asam lambung ke tenggorokan. Untuk menghindari masalah ini, pakar kesehatan pun menekankan pentingnya berat badan ideal untuk menjaga tubuh terhindar dari masalah heartburn.