Hati-Hati, Vitamin Ini Bisa Bikin Mata Buta!

Doktersehat.com – Manusia memerlukan vitamin untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Namun, mengonsumsi vitamin terlalu banyak juga tidak baik bagi kesehatan. Bahkan menurut penelitian terbaru, vitamin berlebih dapat meningkatkan munculnya penyakit katarak.



Dari hasil penelitian diketahui bahwa vitamin E yang berlebihan bisa meningkatkan 60 persen risiko katarak. Sedangkan vitamin C yang terlalu banyak dikonsumsi juga bisa memicu 20 persen risiko kebutaan.

Penelitian ini melibatkan 31.000 responden yang berusia antara 45 sampai 79 tahun. Ditemukan 3.000 responden diantaranya membutuhkan perawatan khusus pada mata.

Sebelumnya suplemen vitamin E dan C yang kaya antioksidan diduga dapat melindungi mata dari kebutaan dan katarak. Tapi faktanya kedua vitamin tersebut malah membuat terganggunya keseimbangan protein pada mata dan menyebabkan timbulnya penyakit bila dikonsumsi berlebihan.

Pada dasarnya tubuh manusia tidak bisa menyimpan dan menghasilkan vitamin C sendiri. Tubuh memperoleh vitamin dari sayuran dan buah-buahan sebanyak 40 miligram sehari. Vitamin C bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan dan menjaga kesehatan sel.

Bagi masyarakat yang rutin mengonsumsi suplemen vitamin sebaiknya perhatikan kandungan tiap tabletnya. Jangan sampai kandungannya melebihi batas anjuran harian yang sudah ditentukan para ahli.

 

 

Sumber: merdeka.com