Hati-Hati Tersedak Ternyata Bisa Picu Kematian

DokterSehat.Com – Tersedak sering kali dianggap sebagai masalah yang biasa saja dan bisa menimpa semua orang. Sering kali, makan yang terlalu cepat atau minum dengan bernafas bisa memicu tersedak dan batuk-batuk hingga muntah. Untuk anak kecil, khususnya bayi, tersedak bisa menjadi masalah yang jauh lebih besar mengingat proses pencernaan yang masih belum lancar bisa memicu kematian atau setidaknya harus dibawa ke Unit Gawat Darurat Rumah Sakit. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

shutterstock_101679598.jpg copy

Anak kecil, khususnya bayi biasanya memiliki kebiasaan mudah tersedak karena saat makan bisa diiringi dengan tertawa, khususnya jika bersama orang tua atau keluarga yang bisa membuat tertawa. Disamping itu, bayi juga cenderung masih belum mengerti bagaimana cara mengunyah makanan dengan benar sehingga makanan tidak dikunyah dengan sempurna atau mengunyahnya terlalu cepat sehingga saluran pencernaan pun menjadi mudah tersedak. Kita tentu sering melihat bayi atau anak kecil yang makan sambil bermain-main dengan berlarian kesana kemari, bukan? Hal inilah yang menyebabkan anak kecil mudah tersedak. Disamping makanan, rasa ingin tahu anak kecil bisa membuat mereka menelan begitu banyak benda yang seharusnya tidak dimakan layaknya kelereng, koin, atau mainan-mainan kecil yang tentu saja akan sulit ditelan dan membuat tersedak menjadi sesuatu yang mematikan.

Anak kecil yang tersedak biasanya bisa dilihat dengan ciri-ciri tangan anak yang memegangi leher dengan mengeluarkan suara tercekik dan nafas yang sangat sesak. Disamping itu, anak pun cenderung terlihat panik dan meminta tolong dengan kulit yang membiru mengingat dengan tersedak, maka saluran nafas pun terhambat sehingga aliran oksigen pun berhenti. Otak yang kekurangan aliran oksigen bisa mengalami kerusakan yang fatal dan bahkan bisa memicu kerusakan permanen.

Baca Juga:  Ada Terapi Baru yang Bisa Mengatasi Masalah Penis Bengkok Secara Efektif

Jika anak kita tersedak, jangan ragu untuk segera memanggil ambulans atau meminta bantuan pada dokter terdekat. Jika perlu, kita bisa meminta anak batuk dan kita pukul punggungnya agar penyumbatan bisa menghilang. Jika trik ini masih belum mampu mengeluarkan sumbatan, maka kita harus melingkarkan tangan kita ke pinggang dan berikan hentakan ke bagian perut atau ke bagian atas hingga penyumbatan tersebut terlepas dan saluran udara pun menjadi terbebas kembali.