Hati-hati Terhadap Penyakit Ini Disaat Puasa

DokterSehat.Com – Godaan apa lagi yang hadir di saat Anda menjalankan puasa dan biasanya sulit untuk diatasi? Ya, benar, sakit. Ada saja gangguan penyakit yang membuat tubuh jadi lemas saat berpuasa. Pun demikian, tidak boleh sampai dibiarkan menggagalkan puasa Anda kan?



Berikut adalah penyakit-penyakit yang bisa menyerang anda disaat puasa :

  • Diare
    Selama bulan puasa, banyak orang akan menghabiskan waktu makannya diluar rumah, baik untuk berbuka bersama teman atau keluarga. Makan di tempat makan umum memiliki risiko infeksi saluran cerna, khususnya jika tempat makanan yang Anda kunjungi tidak menjaga kebersihan dengan baik. Jadi plihlah tempat makan yang menjaga kebersihan. Selain itu, hindari makanan yang terlalu pedas saat berpuasa, khususnya saat perut masih kosong. Cucilah tangan sebelum dan sesudah makan.
  • Sakit maag
    Apakah Anda memiliki sakit maag? Penyakit ini merupakan penyakit yang sering menjadi kendala saat berpuasa. Namun sakit maag bukanlah kendala Anda untuk berpuasa. Makan sahur wajib untuk dilakukan, dan hindari makan dalam jumlah besar saat berbuka. Jangan langsung tidur setelah berbuka puasa. Karena hal ini dapat meningkatkan sekresi asam lambung. Selain itu, hindari stress pikiran, karena stress cenderung meningkatkan produksi asam lambung.
  • Radang tenggorokan
    Peradangan tenggorokan dapat terjadi karena asupan cairan yang berkurang, sehingga tenggorokan akan cenderung menjadi lebih kering. Konsumsilah cairan yang cukup saat berbuka. Selain itu, hindari konsumsi makanan yang digoreng dan terlalu manis dalam jumlah banyak.
  • Dehidrasi
    Dehidrasi berarti kekurangan cairan tubuh. Hal ini umum ditemui akibat berkurangnya volume cairan yang dikonsumsi selama berpuasa. Tips yang dapat diikuti adalah dengan memastikan jumlah cairan yang cukup selama berbuka. Selain itu, hindari aktivitas berlebihan di bawah terik matahari yang menyebabkan keringat berlebihan. Cara mudah memastikan tubuh memiliki cairan yang cukup adalah dengan melihat warna dan jumlah cairan urin Anda.

    Urin yang baik berwarna kuning muda dan jernih, dengan volume berkisar 12 cc/kgBB/ hari. Jadi jika berat badan Anda 50 kg, maka volume urin yang seharusnya keluar sebanyak 600 cc setiap hari.