Hati-hati Terhadap Gejala Kanker Yang Berbeda-beda

DokterSehat.Com – Kanker adalah penyakit akibat pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker. Dalam perkembangannya, sel-sel kanker ini dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya sehingga dapat menyebabkan kematian.



Selama dideteksi sejak awal, kanker bisa ditaklukkan. Banyak juga kok orang yang sembuh dari kanker karena dengan segera diberi pengobatan.

Berbeda jenis kanker, berbeda pula gejalanya. Ada yang bisa dideteksi sejak dini, sehingga tidak harus menunggu sampai sakitnya parah.

Berikut adalah gejala beberapa tipe kanker :

  • Kanker mulut
    Mereka yang mengalami kanker mulut biasanya punya problem sulit menelan dan sangat terasa sakit saat menelan makanan. Ada keluhan sakit pada bahu yang tak berkesudahan.
  • Kanker otak
    Umumnya mereka yang mengalami kanker otak kerap kali lupa dan memiliki penglihatan yang kabur. Mereka juga sering merasa sakit kepala yang tak berkesudahan.
  • Kanker pencernaan
    Kanker pencernaan seringkali membuat penderitanya merasa lambung seperti terbakar, kembung serta tidak nyaman. Mereka tidak bisa mengonsumsi makanan yang pedas-pedas karena langsung akan merasa sakit.
  • Kanker kulit
    Ada perubahan warna pada tahi lalat, serta perubahan bentuk dan ukuran. Umumnya, melanoma ini dapat diamati dengan tahi lalat yang berwarna memerah dan ukurannya semakin besar serta bentuknya tidak beraturan.
  • Kanker paru-paru
    Jika Anda menderita kanker paru-paru, maka Anda akan seringkali terserang bronkitis atau pneumonia. Anda juga merasakan kesulitan bernafas setiap kali, dan merasa nafas tercekat.
  • Kanker rahim
    Ada kalanya saat sedang menstruasi, memang wanita mengalami pendarahan. Namun, pendarahan tersebut normal terjadi karena ada peluruhan dinding rahim. Pendarahan tersebut berbahaya apabila terjadi tidak di saat menstruasi, atau terjadi saat menstruasi dan benar-benar berlebihan jumlahnya.
  • Kanker usus
    Kanker usus juga salah satu jenis kanker yang menjadi pembunuh kejam. Ia dapat membunuh ratusan orang setiap tahunnya. Gejala kanker yang satu ini bisa ditengarai dengan pendarahan yang tiba-tiba meninggalkan bekas di celana atau kursi tempat duduk.
  • Kanker darah/leukimia
    Penderita kanker darah biasanya seringkali mengalami demam. Demam tersebut tetapi tidak sampai membuat temperatur tubuh terlalu tinggi. Biasanya sedang saja, tetapi kerap datang.
  • Kanker payudara
    Umumnya ada benjolan di dalam payudara, yang bisa dirasakan dengan meraba payudara. Benjolan tersebut muncul tidak pada saat sedang menstruasi. Tidak terasa nyeri, namun berbahaya apabila dibiarkan.