Hati-hati Terhadap Air Yang Anda Konsumsi

DokterSehat.Com – Air merupakan kebutuhan utama bagi semua mahluk hidup. Air dengan kualitas baik dari segi fisik, kimiawi, dan bakteriologis yang dapat digunakan oleh mahluk hidup sebagai sumber air bersih.

11064873956_6ef5b12fee_b

Kandungan air tidak hanya mendominasi 80% isi tubuh manusia. Air juga mendominasi 80% aktivitas kita sehari-hari, mulai dari bangun pagi hingga mengakhiri aktivitas sepanjang hari, semuanya membutuhkan air. Mulai dari meminum segelas air, mandi dan sikat gigi, masak, membersihkan kotoran sampai menjalankan proses produksi di pabrik, semuanya membutuhkan air. Pertanyaannya adalah apakah air yang kita konsumsi, sebenarnya layak dikonsumsi atau tidak? Apakah benar bersih atau hanya terlihat bersih? Apa saja dampaknya jika kita mengonsumsi air yang tidak layak konsumsi?

Dengan mata telanjang atau tanpa alat bantu, tidak ada yang dapat melihat bakteri apa saja yang hidup di dalam air. Terdapat puluhan bakteri yang hidup di dalam air bersih, dan beberapa diantaranya adalah Coliform Bacteria, Giardia Lamblia, Cryptosporidium dan Helminths. Jika dalam air yang Anda konsumsi untuk mandi, makan, minum, mencuci tangan dan pakaian terdapat kadar bakteri tersebut di atas dalam jumlah yang tinggi maka akan diikuti gangguan-gangguan kesehatan.

Mulai dari penyakit kulit ringan hingga diare (sakit perut) yang dapat menyebabkan kematian. Berikut adalah syarat dan keadaan air yang bersih :

• Tidak keruh dan tidak berwarna

• Memiliki PH antara 6,5 – 9,2

• Tidak mengandung bahan kimiawi

• Tidak meninggalkan endapan

• Tidak berbau

• Tidak memiliki rasa

Jangan memiliki persepsi yang sempit bahwa air yang perlu dijaga kebersihannya hanyalah air yang dipakai untuk minum dan memasak. Air mandi kita juga harus bersih karena air dapat diserap oleh tubuh bahkan masuk ke dalam mulut dan saluran pencernaan.

Baca Juga:  Prostatitis, Radang Kelenjar Prostat

Gunakan alat bantu penetralisir kadar air di rumah Anda untuk memastikan keluarga Anda terhindar dari mikroorganisme dan zat kimia yang merugikan. Adapun fungsi dari tiga komponen yang ada di dalam HDI PURE FTEC-1 adalah :

• Filartech Membran: Ukuran pori (0.1 mikron), lebih kecil dari bakteri, kemampuan telah teruji untuk menghilangkan bakteri, mikroorganisme kecil dan kandungan mikroskopis lainnya. Uniknya, membran ini mampu mempertahankan kalsium, magnesium dan, mineral (htn/HDI)

• Butiran Karbon Aktif : Merupakan agen de-klorinasi kuat untuk menghilangkan residu klorin dan bau yang tidak sedap.

• Butiran Koral Aktif: Mampu memberikan air mineral yang penting dan memberikan rasa yang lebih segar.

BACA JUGA : Pap Smear Wajib Dilakukan Wanita