Hati-Hati, Telinga Tersumbat Bisa Berlanjut Menjadi Ketulian

DokterSehat.Com – Seringkali kita mengalami masalah kesehatan pada bagian telinga yang disebabkan oleh adanya kotoran pada telinga. Dalam realitanya, kotoran di dalam telinga yang jarang dibersihkan akan terus menerus menumpuk dan bisa membuat telinga mengalami sumbatan. Sumbatan ini akan memyebabkan telinga seakan-akan mengalami penurunan pendengaran dan jika dibiarkan begitu saja, maka hal ini akan menyebabkan ketulian.

ktersehat-gangguan-pendengaran

Kotoran yang ada pada telinga sendiri memiliki fungsi yang baik bagi telinga, yakni sebagai pelindung dan penyaring berbagai macam bakteri, hewan asing layaknya semut, atau bahkan debu agar tidak memasuki telinga bagiand alam. Hanya saja, karena banyaknya benda yang harus disaring oleh kotoran telinga, sekaligus ditambah dengan produksi kotoran telinga yang terus menerus terjadi, maka ukuran kotoran ini tentu akan semakin besar dan harus dibersihkan. Banyak orang yang bisa dengan mudah membersihkannya dengan cotton bud. Sayangnya, ada beberapa orang yang kesulitan untuk membersihkannya karena ukuran kotoran yang sudah terlampau besar sehingga yang terjadi adalah kotoran ini menyumbat lubang telinga dan mengganggu pendengaran.

Kita akan mengalami gejala telinga tersumbat kotoran telinga jika pendengaran anda semakin menurun. Telinga bagian dalam juga akan cenderung terasa sangat sakit dan jika hal ini dibiarkan begitu saja, telinga akan tuli sebagian. Beberapa orang bahkan mengalami gejala yang jauh lebih buruk dari tuli secera total yang disertai dengan rasa sakit pada telinga dan diiringi dengan demam. Untuk mengatasi hal ini, ada baiknya kita segera memeriksakannya ke dokter.

Telinga yang tersumbat memang sebaiknya diperiksakan ke dokter agar kotorannya agar dapat segera dikeluarkan. Memang, beberapa produk layaknya minyak bayi diyakini mampu melunakkan kotoran dan bisa membuatnya keluar. Hanya saja, kita tentu harus berhati-hati karena hal ini bisa menyebabkan masalah lebih besar berupa pecahnya gendang telinga. Demi keamanan pendengaran, ada baiknya kita memang meminta penanganan medis yang tepat dari dokter untuk mengatasi masalah ini.