Hati-hati, Suntik Vitamin C Dapat Sebabkan Kematian!

DokterSehat.com – Kulit putih dan mulus masih menjadi impian sebagian besar wanita tak terkecuali di Indonesia. Berbagai jalan rela ditempuh demi kulit impian, mulai dari menggunakan produk perawatan yang berguna untu mencerahkan warna kulit sampai jalan instan dengan suntik vitamin C.



Pada dasarnya, suntik vitamin C merupakan suntikan yang berguna untuk mendongkrak sistem imun tubuh. Akan tetapi karena vitamin C juga bermanfaat untuk mempercantik kulit, belakangan ini makin banyak klinik kecantikan yang menawarkan suntik vitamin C dengan megadosis yang memberikan iming-iming mampu memutihkan kulit.

dr.Hanny Nilasari, Sp.KK, klinik Kencana RSCM Jakarta, menjelaskan bahwa suntik atau infus vitamin C memang dapat mencerahkan kulit, asalkan diberikan dalam takaran yang tepat dan teratur. Selama di bawah pengawasan dokter, pada dasarnya penggunaan suntik vitamin C tergolong aman. Yang perlu diingat oleh para wanita pendamba kulit putih adalah bahwa vitamin C hanya dapat mencerahkan kulit, mengembalikan warna kulit pada warna semula. Bukan untuk memutihkan kulit

Warna kulit normal seseorang adalah warna kulit yang terdapat pada bagian tubuh yang jarang terkena paparan sinar matahari. Misalnya bagian lengan dalam atau dada.

Tidak sedikit orang yang memiliki harapan terlampau tinggi pada suntik vitamin C. Mereka menginginkan kulit yang seputih bintang – bintang film korea.

Perhatikan juga bahwa penggunaan suntik vitamin C yang tidak sesuai aturan dosis dapat menyebabkan efek samping yang berbahaya. Efek samping tersebut dapat berupa perih hebat, iritasi, sampai dengan reaksi alergi yang dapat menyebabkan kematian.

Untuk itu, dihimbau pada para pasien yang ingin menjalankan suntik vitamin C untuk melakukan cek kesehatan guna mengetahui fungsi ginjalnya.

Dosis vitamin C untuk tubuh juga mmeiliki ambang batas maksimal. Jika diberikan secara berlebihan akan larut dalam air dan akan melalui proses penyaringan pada ginjal. Sementar, ginjal pun mmeiliki kapasitas kemampuan maksimal. Jika vitamin C yang disaring terlampau banyak, sangat berpotensi menyebabkan kristalisasi, kemungkinan risiko yang muncul mulai dari batu ginjal hingga gagal ginjal.

Baca Juga:  Bolehkah Kita Mengurangi Dosis Obat Dengan Membelahnya?

Penting bagi para pelaku suntik vitamin C untuk melakukan evaluasi kesehatan pasca beberapa kali menjalani suntik vitamin C. Berhati-hati juga dalam memilih klinik kecantikan dengan tenaga-tenaga dokter yang kompeten.

Jangan sampai kesehatan Anda dikorbankan demi kulit putih impian.