Hati-Hati, Stress Juga Memicu Penyakit Diabetes

DokterSehat.Com – Jika kita membahas tentang penyebab utama dari penyakit diabetes, maka hal pertama yang akan kita pikirkan tentu saja adalah makanan yang manis-manis. Kecenderungan masyarakat modern untuk mengkonsumsi kandungan gula yang jauh lebih banyak memang menjadi penyebab utama maraknya penderita diabetes. Kita sendiri bisa melihat contoh dimana banyak makanan yang kaya gula layaknya kue-kue atau bahkan roti yang sangat disukai masyarakat dan minuman bersoda atau minuman manis yang banyak dikonsumsi kawula muda. Hanya saja, pernahkan kita menyadari jika diabetes juga bisa disebabkan karena masalah pada psikis kita?

doktersehat-pusing

Pakar kesehatan menyebutkan jika mereka yang cenderung memiliki stress akan memiliki resiko terkena penyakit diabetes cukup tinggi, yakni bahkan satu setengah jauh lebih besar dari mereka yang cenderung lebih mampu mengendalikan stress. Yang menjadi masalah adalah, tuntutan kehidupan sehari-hari dan ditambah dengan beratnya pekerjaan dan kondisi lalu lintas yang sangat buruk bisa membuat semua orang terkena stress dengan mudah. Jika seseorang terkena stress terus menerus, maka tubuhnya pun akan cenderung kesulitan untuk mengendalikan kadar gula darah. Yang lebih mengerikan adalah stress akan memicu munculnya hormon kortisol yang juga bisa ikut meningkatkan kadar gula dalam darah secara signifikan.

Mereka yang stress juga akan cenderung mengkonsumsi makanan apa saja tanpa melihat dampak buruknya bagi kesehatan. Selain asupan makanan yang tidak sehat, banyak orang yang mengalami stress justru cenderung jarang beraktifitas fisik dan memilih untuk berdiam diri saja. Perilaku inilah yang pada akhirnya bisa berimbas pada masalah kegemukan dan berakhir dengan resistensi insulin yang membuat tubuh terkena diabetes yang cukup parah.

Jangan pernah biarkan stress mengendalikan hidup anda. Cobalah untuk lebih sering menikmati hidup dengan kawan-kawan atau keluarga sehingga resiko untuk mendapatkan stress dan berbagai penyakit berbahaya pun akan menurun dengan jauh.