Hati-hati Sering Menggunakan Helm Bisa Memicu Kebotakan

DokterSehat.Com – Kendaraan bermotor roda dua adalah salah satu kendaraan favorit bagi sebagian besar masyarakat tanah air. Selain bisa dibeli dengan harga yang terjangkau, kendaraan roda dua atau sepeda motor bisa menjangkau banyak tempat dalam waktu yang lebih cepat. Dengan menggunakan sepeda motor, kita pun harus memakai helm sebagai pengaman kepala kita selama melakukan perjalanan. Penggunaan helm dengan frekuensi yang cukup sering dengan durasi yang lama ternyata bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan rambut, khususnya dalam menyebabkan masalah kebotakan.

doktersehat-kutu-rambut-gatal

Memang, belum ada penelitian ilmiah yang menunjukkan dengan pasti bahwa kebotakan bisa disebabkan karena kebiasaan memakai helm. Namun, banyak pakar kesehatan yang meyakini jika helm yang cenderung membuat kulit kepala dan rambut kesulitan untuk bernafas dan mendapatkan udara segar ternyata bisa mempengaruhi kesehatan rambut dan kulit kepala. Pori-pori kulit kepala yang kekurangan udara akan cenderung lebih sesak dan pada akhirnya mengurangi kesehatan rambut. Penggunaan helm, khususnya di siang nan terik bisa menyebabkan kulit kepala mengeluarkan keringat dalam jumlah yang banyak. Sayangnya, karena helm cenderung tidak memberikan ruang untuk udara keluar masuk, maka kulit kepala pun akan dipenuhi dengan keringat yang bisa menyebabkan akar rambut kehilangan kekuatannya. Selain itu, rambut juga cenderung akan lebih mudah berketombe sehingga pengguna helm pun cenderung lebih mudah merasa gatal-gatal dan membuat akar rambut semakin melemah dan mudah rontok.

Jika anda adalah seseorang yang kerap kali memakai helm dalam waktu yang lama setiap hari. Jangan lupa untuk rajin-rajin mencuci rambut sehingga kebersihannya lebih terjaga. Ada baiknya juga andai kita melakukan perjalanan cukup jauh, kita menyempatkan diri untuk beristirahat sambil melepas helm sehingga kulit kepala dan rambut pun diberikan waktu untuk bernafas setidaknya hingga keringat pada rambut menghilang sehingga resiko rambut terkena masalah kebotakan pun bisa semakin diminimalisir.