Hati-Hati, Sakit Gigi Bisa Berkaitan Dengan Kanker Mulut Dan Penyakit Berbahaya Lainnya

DokterSehat.Com – Sakit gigi adalah masalah yang sangat tidak diinginkan oleh siapapun. Rasa nyerinya yang bisa menjalar hingga ubun-ubuh kepala bisa membuat seseorang sulit mendapatkan konsentrasi saat bekerja dan bahkan tidak mampu lagi menikmati makanan. Tahukah anda, selain membuat rasa tidak nyaman pada gigi dan mulut, sakit gigi juga patut diwaspadai karena jika dibiarkan begitu saja, bisa jadi sakit ini berlanjut menjadi masalah kanker mulut. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-dokter-gigi

Pakar kesehatan gigi, drg Johanes Hendri SpBm Mkes dari Royal Dental Hospital berpendapat bahwa ada kaitan erat antara kanker mulut dan juga sakit gigi. Hal ini berarti, kita harus mulai mengubah pola pikir kita yang menganggap sakit gigi hanyalah tentang plak, karang gigi, atau masalah gigi berlubang saja. Memang, pada awalnya sakit gigi yang sangat terasa adalah yang berupa masalah gigi berlubang. Hanya saja, jika gigi berlubang ini disebabkan oleh adanya degradasi pada email gigi yang dilakukan oleh semacam bakteri yang disebut “mutans streptococci”, bakteri yang dengan efektif mengubah sisa makanan menjadi asam yang menggerogoti gigi, maka sakit gigi bisa berubah menjadi masalah kanker mulut dan berbagai masalah lainnya.

Selain kanker mulut, masalah gigi berlubang yang dibiarkan begitu saja juga ditengarai menjadi pemicu utama gangguan pada pernafasan, otak, hingga meningkatkan resiko stroke hingga lebih dari 50 persen bagi mereka yang berusia 25 hingga 54 tahun. Selain itu, jika sakit gigi diderita oleh penderita diabetes, maka kemungkinan Ia mendapatkan penyakit gusi juga akan jauh meningkat hingga tiga kalil lipat. Yang ditakutkan adalah, jika masalah gusi yang merupakan jaringan lunak pada mulut ini juga ikut dibiarkan, maka bisa berlanjut menjadi tumor dan pada akhirnya muncullah kanker mulut.

Baca Juga:  Tahukah Anda, Kandungan Sianida Ternyata Banyak Ditemukan Di Makanan Kita!

Sebelum mendapatkan berbagai masalah kesehatan yang berbahaya, kita tentu harus rutin membersihkan gigi setiap hari dan rajin melakukan pengecekan ke dokter gigi setidaknya enam bulan sekali. Pengecekan rutin ini akan secara efektif menurunkan resiko terkena masalah gigi rusak yang bisa berimbas pada berbagai penyakit berbahaya lainnya.