Hati-hati Radiasi Ponsel Terhadap Kesehatan Pria

DokterSehat.Com – Maraknya aplikasi-aplikasi sosial media yang ada membuat banyak orang tak bisa lepas dari ponsel. Hal ini yang menyebabkan ponsel bukan lagi berfungsi sebagai alat komunikasi, tapi juga sahabat yang sulit ditinggalkan. Tapi tahukah Anda, gelombang elektromagnetik yang dipancarkan telepon genggam bisa berpengaruh pada kesuburan pria? Artinya kelewat sering memakai ponsel atau smartphone akan berpengaruh pada kesuburan pria.

12

Sebuah penelitian menyebutkan, ada kaitan kuat antara tingkat kesuburan pria dengan posisi ia meletakan ponsel mereka. Menurut studi itu, kesuburan pria bisa berkurang saat pria itu sering meletakkan handphone atau ponsel dalam posisi talk mode di dekat bagian alat kelaminnya. Hal ini biasa terjadi pada pria-pria yang senang menggunakan hands free dan membiarkan ponselnya tetap ada di dalam saku celana atau di bagian ikat pinggang, saat menerima atau menelepon seseorang. Radiasi ponsel yang berupa gelombang elektromagnetik saat talk mode, berpotensi besar merusak kualitas sperma yang dimilikinya. artinya kesuburannya akan terganggu karena terlalu sering memakai ponsel dapat mengganggu kesuburan pria.

Saat ini, radiasi telepon genggam atau radiasi handphone sudah masuk ke dalam daftar faktor lingkungan yang dapat mengganggu fertilitas pria, selain racun, pestisida dan polusi udara. Studi lebih lanjut sedang dilakukan untuk mengetahui apakah ada kerusakan DNA dalam sperma yang terkena radiasi tingkat tinggi dari ponsel, dan bagaimana hal itu dapat mempengaruhi masa depan kesehatan bayi yang lahir dari sperma radiasi yang terpapar.

Karena radiasi ponsel dapat menurunkan kesuburan pria, untuk para pria yang ingin memiliki keturunan atau yang didiagnosa memiliki jumlah sperma yang sedikit, saatnya untuk lebih peduli dengan posisi menyimpan ponsel. Meski memindahkan telepon genggam ke kantung celana belakang sudah bisa meminimalir risiko, tapi mencari rumah baru untuk ponsel Anda (usahakan menjauh dari sabuk) menjadi langkah pencegahan yang lebih baik. Jangan sampai kesuburan pria terganggu karena penggunaan handphone smartphone atau handphone.