Hati-hati Pusing Dan Deg-degan Saat Olahraga Bisa Jadi Gejala Kematian Jantung Mendadak

DokterSehat.Com – Kematian jantung mendadak (sudden cardiac death) adalah kematian akibat penyebab jantung dalam waktu 1 jam dari timbulnya gejala, tanpa peringatan sebelumnya. Namun ada kondisi tertentu yang membuat Anda sebaiknya segera menghentikan latihan fisik yang sedang dilakukan sesegera mungkin.

19

Sudden cardiac death itu terjadi mendadak dan sebagian besar tanpa gejala. Tiba-tiba saja orang tersebut kolaps. Tapi jika Anda merasa pusing dan jantung berdetak sangat cepat saat berolahraga, segera berhenti, papar Dr Jeremy Chow, MBBS, MRCP(UK), MRCP (London), MMed, FAMS, dalam temu media yang diselenggarakan di Novotel Mangga Dua Square, Jl Gunung Sahari Raya, Jakarta, dan ditulis pada Rabu (30/4/2014).

Kondisi yang muncul tersebut juga sebaiknya dikonsultasikan ke dokter. Bisa jadi Anda mengalami gangguan pada jantung. Biasanya dokter akan meminta Anda untuk melakukan skrining, termasuk elektrokardiogram (EKG). Riwayat kesehatan keluarga juga biasanya akan dikaji lebih lanjut.

Bukan tanpa alasan, kematian jantung mendadak memang tidak bisa ditebak kehadirannya. Kondisi ini secara luas diklasifikasikan dengan penyakit jantung struktural, misalnya serangan jantung sebelumnya (previous myocardial infarction), kardiomiopati, dan sindrom kematian mendadak aritmia (sudden arrythmic death syndromes).

Tapi tidak melulu kakek atau ayah bisa menjadi penyebab Anda berisiko terkena kematian jantung mendadak, lho. Sebab Dr Jeremy menyebutkan Anda justru bisa mengalami mutasi gen dan menciptakan kondisi tersebut di dalam keluarga Anda. Oleh sebab itu, Anda perlu memperhatikan setiap perubahan atau nyeri yang terjadi.