Hati-hati Peralatan Sekolah Anak Bisa Jadi Sarang Kuman

DokterSehat.Com – Moms, kuman dan bakteri tumbuh dengan sangat cepat dimana-mana bahkan pada tempat tak terlihat sekalipun. Lalu, bagaimana jika perlengkapan sekolah si kecil menjadi sarang kuman? Ihh, jangan sampai hal itu menimpa anak Anda. Oleh karena itu, yuk sterilkan perlengkapan si kecil.

5385058224_6e46af33b1_b

• Sepatu
Setelah pulang sekolah, minta si kecil untuk meletakkan sepatu pada tempat yang kering dan aman dari cipratan air. Kemudian, pisahkan kaos kaki dari sepatu agar tidak lembap dan menimbulkan bau yang tidak sedap. Saat kotor, cuci sepatu menggunakan deterjen secukupnya kemudian bilas hingga bersih. Seusai mencuci sepatu, keringkan tanpa harus meletakkannya langsung di bawah terik matahari. Hal ini bisa menjaga sepatu anak supaya tidak mudah lapuk dan warnanya tidak pudar.

• Kotak pensil
Anda tentu sering menemukan kotak pensil anak yang kotor hingga berwarna hitam. Untuk mengurangi kotoran pada kotak pensil, sebaiknya gunakan pensil mekanik. Jangan lupa untuk mencuci kotak pensil anak sebulan sekali.

• Tas
Setiap hari, pasikan tas sekolah si kecil tidak dalam keadaan lembap. Tas yang lembap bisa jmenjadi sarang bagi kuman. Ajak anak membersihkan tas sekolahnya seminggu sekali dan mencucinya sebulan sekali.

• Laptop
Laptop yang terlihat bersih sebenarnya juga berpotensi menjadi sarang bakteri dan kuman. Maka dari itu, minta si kecil mencuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan laptop. Jangan lupa bersihkan laptop dengan kain khusus yang mengandung disinfektan seminggu sekali, agar laptop si kecil bebas kuman.

Antisipasi penyebaran kuman pada peralatan sekolah anak sangat penting untuk menjaga kesehatan si kecil. Oleh sebab itu, selalu sterilkan peralatan sekolah anak agar bebas dari kuman ya, Bu.

Baca Juga:  Stress pada Kehamilan Trimester Akhir Memiliki Dampak Buruk, Benarkah?

BACA JUGA : Benarkah Sakit Mata Itu Menular?