Hati-hati Penyakit Menular Yang Sering Menyerang Anak

DokterSehat.Com – Seringkali orangtua cemas saat anak mengalami gangguan kesehatan. Terlebih apabila sudah beberapa hari disertai dengan suhu tubuh diatas normal, yaitu diatas 37 derajat celcius. Anak sangat rentan terkena beberapa penyakit karena ketahanan suhu tubuh yang masih rentan dan juga lingkungan bermain yang beragam yang mudah menyerang anak anda.



Penyakit menular yang sering menyerang anak tidak dapat dihindari, anda dapat melakukan pencegahan dan juga penanganan apabila anak sudah terserang penyakit menular. Di artikel kali ini terdapat beberapa penyakit menular yang seringkali dialami oleh anak anda.

Berikut beberapa penyakit menular yang sering menyerang anak :

  • Flu
    Salah satu yang seringkali menyerang anak-anak adalah flu. Virus flu rentan sekali menyerang pada anak-anak. Gejala yang diderita antara lain demam, nyeri pada badan dan juga sakit perut. Kini ada pengembangan dari virus flu yang membahayakan anak, salah satunya adalah flu singapur disebabkan karena coxsackie A16. Sangat mudah sekali disebarkan musim kemarau selain itu jiga mudah menyerang anak-anak hingga usia anak berusia 10 tahun.
  • Tipes dan tifoid
    Demam yang tinggi pada anak lebih dari tiga hari maka anda harus segera melakukan pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan kesehatan salah satunya untuk mencegah tipes atau tifoid. Apabila semakin parah dikhawatirkan akan menjadi komplikasi yang serius yaitu di takuti akan mengalami perlubangan pada usus dan mengalami gangguan otak. Tipes ini mudah sekali menyebar dikarenakan dapat dengan mudah tertular dari makanan yang tidak bersih.
  • Cacar air
    Penyakit ini ditandai dengan bintik-bintik merah yang berupa bisul kecil yang bisa muncul di tubuh ataupun di wajah. Kondisi anak panas demam karena terjangkit virus, penyakit ini dapat ditularkan melalui udara ketika penderita bersin ataupun pakaian yang digunakan. Pada anak yang mengalami cacar biasanya hanya terjadi satu kali saja seumur hidupnya. Cacar akan berlangsung satu minggu sampai dua minggu apabila terasa gatal dan menggaruknya akan meninggalkan bekas.
  • Demam berdarah dengue (DBD)
    Demam Berdarah Dengue (DBD) ditularkan oleh nyamuk. Apabila nyamuk yang menggigit di lingkungan sekolah maka akan mudah menyebar pada teman di sekolahnya. Hal ini dikarenakan nyamuk pembawa penyakit demam berdarah tidak hanya menggigit sekali pada penderita pertama saja. Demam berdarah dengue banyak diderita oleh anak-anak. Ada 4 fase kondisi anak yang mengalami demam berdarah dengue yaitu fase pertama (demam disertai dengan gejala yang tidak khas) sedangkan pada fase ke 2 (demam disertai dengan pendarahan misalnya bintik dikulit, mimisan atau keluar darah dari mulut). fase ke 3 (anak mengalami sirkulasi gagal sehingga nadi lebih cepat) dan pada fase ke 4 ( mengalami syok berat).
  • Salesma
    Penyakit ini ringan akan tetapi akan mengganggu aktivitas anak anda bahkan hingga pada jangka waktu yang lama. Salesma adalah penyakit yang paling mudah menyerang anak-anak dan mudah pula menyebar diantara teman bermain anak atau orang dewasa disekitarnya. Salesma memiliki gejala-gejala yang khas diantaranya adalah mengalami demam, batuk, ingusan dan mengalami sakit kepala. Peningkatan daya tahan tubuh anak dengan pola makan yang seimbang, memenuhi kebutuhan cairan tubuh akan mempercepat anak anda pulih dari salesma.