Hati-hati Paparan Polusi Saat Macet Menyebabkan Skizofrenia Dan Autisme

DokterSehat.Com – Kemacetan yang sering terjadi umumnya hanya dianggap menyebalkan. Tanpa disadari, paparan asap polusi dari kendaraan bermotor yang terus-menerus saat macet juga bisa memberikan efek buruk lain bagi tubuh.



Tahukan anda, ada efek lain yang disebabkan oleh macet, dan hal ini mengancam kesehatan kita? Tanpa kita sadari secara langsung, paparan asap polusi dari kendaraan bermotor di jalan raya yang tentu kita ketahui terus-menerus saat macet setiap harinya juga bisa memberikan efek buruk lain bagi tubuh.

Data dari US Environmental Protection Agency menunjukan bahwasanya satu dari sepuluh faktor yang mengancam kesehatan manusia adalah polusi udara. Paparan polusi udara mampu meningkatkan risiko kondisi kesehatan tubuh yang serius, misalnya kanker, kerusakan hati, dan kerusakan sistem saraf.

Polusi udara baru-baru ini ditempatkan di atas 10 risiko kesehatan yang dihadapi oleh manusia secara global. WHO juga mengaitkan polusi udara dengan 7 juta kematian prematur setiap tahunnya, ungkap penulis studi ini, Dr Prashant Kumar, dikutip dari The American Association for the Advancement of Science.

Melalui studi terbaru yang mampu menunjukan bahwa polusi udara sangat memungkinkan juga memiliki andil yang besar kaitanya dengan perkembangan skizofrenia dan autisme. Dengan kata lain, polusi udara sangat bisa dikaitkan dengan masalah kesehatan mental.

Studi ini juga menemukan bahwa semakin dekat jarak mobil saat berhenti, maka konsentrasi polusi yang terbentuk dan menyebar juga semakin tinggi. Selain pengemudi, pejalan kaki di sekitar area tersebut juga berisiko.

Mulailah dari sekarang untuk mencegah polusi, dengan penghijauan misalnya, hal ini menjadi sangat penting adanya mengingat laju pesat jumlah kendaraan bermotor di jalan raya.