Hati-Hati, Olahraga Berlebihan Bisa merusak Ginjal!

DokterSehat.Com – Baru-baru ini terdapat sebuah kasus yang cukup unik di Amerika Serikat dimana seseorang yang sangat rajin melakukan olahraga pada gym mengalami pembengkakan otot yang sangat tidak normal. Pembengkakan otot ini terjadi hingga 3 kali lipat ukuran normal sehingga Ia pun memeriksakan kondisinya ke dokter. Yang mengejutkan adalah jawaban dari sang dokter yang berkata jika Ia ternyata berolahraga terlalu keras dan menyebabkan kondisi rhabdomyolysis, kerusakan otot yang terjadi karena adanya pelepasan enzim myglobin dan juga creatine kinase menuju ke aliran darah dan hal ini ternyata berpotensi membuat ginjal menngalami kerusakan.

doktersehat-olahraga-exercise-sehat

Adanya berita ini ternyata membuat banyak pakar kesehatan yang berpendapat jika olaharga yang terlalu keras ternyata bisa jadi akan kurang baik bagi organ ginjal. Enzim-enzim yang dikeluarkan tersebut ternyata adalah enzim yang sangat berbahaya sehingga harus dikeluarkan dari tubuh untuk mencegah kerusakan ginjal yang lebih parah. Alhasil, pria yang rajin berolahraga ini pun harus tinggal di rumah sakit untuk melakukan proses hidrasi yang bisa mengeluarkan enzim berbahaya dan perawatan pada organ ginjalnya.

Banyak pakar kesehatan yang menyarankan kita untuk berolahraga sesuai dengan kemampuan kita saja. Kita harus ingat bahwa olahraga yang baik bukanlah olahraga yang dilakukan sekeras mungkin melebihi kemampuan tubuh. Olahraga akan memberikan dampak positif bagi tubuh jika dilakukan dengan rutin setiap hari. Cobalah anda bayangkan jika anda berolahraga tanpa adanya asupan cairan yang cukup. Anda pasti akan mengalami kondisi overheating dan dehidrasi. Dehidrasi karena olahraga juga akan menyiksa organ ginjal anda, bukan?

Untuk menghindari kasus rhabdomyolysis yang beresiko merusak organ ginjal, maka kita harus membuat program latihan yang cocok dengan kondisi dan kemampuan tubuh. Jika anda suka pergi ke gym atau pusat kebugaran, anda bisa bertanya pada trainer tentang olahraga apa yang sekiranya cocok dengan kemampuan anda. Selain itu, cobalah untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang akan membuat organ-organ tubuh menjadi semakin sehat, khususnya organ ginjal sehingga bisa tetap bekerja dengan normal sebagaimana mestinya.